Home
/
Automotive

Toyota Recall Agya dan Raize di Indonesia, ECU Sistem Rem Bermasalah

Toyota Recall Agya dan Raize di Indonesia, ECU Sistem Rem Bermasalah

Bagja Pratama04 March 2025
Bagikan :

Uzone.id - PT Toyota-Astra Motor (TAM) mengumumkan recall untuk Toyota Raize dan Toyota Agya. Kalian yang punya kedua mobil ini, baiknya segera menghubungi bengkel resmi.

Recall atau kampanye perbaikan untuk harus dilakukan untuk pengecekan dan reprogramming Electronic Control Unit (ECU) yang mengendalikan brake booster atau booster rem.



Toyota memanggil pengguna Raize produksi 8 Juni 2021-16 Juli 2024 dan Agya produksi 22 Juli 2022-29 Juli 2024.

"Berikan Total Mobility Solution, perhatian dan tanggung jawab Toyota tidak berhenti sampai mobil datang ke rumah pelanggan. Dengan semangat continuous improvement, kami terus melakukan riset produk yang telah dipasarkan untuk menemukan kemungkinan masalah dan segera melakukan langkah perbaikan," kata Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto dalam siaran persnya.

Seperti diketahui kedua model ini dilengkapi brake booster yang dikendalikan oleh ECU. Brake booster atau booster rem yang membantu pengereman supaya lebih mudah dan ringan.

Menurut TAM, potensi malafungsi pada ECU mesin yang disebut terjadi pemrograman yang kurang tepat. Dalam situasi tertentu booster rem tidak dapat bekerja secara maksimal, sehingga menurunkan keselamatan berkendara.

Proses reprogramming (software update) untuk memperbarui sistem dan mengatasi potensi malfungsi akan dilakukan oleh teknisi ahli bersertifikat Toyota global untuk menjaga ketepatan pengerjaan.

Klaim TAM, proses pengerjaan akan selesai sekitar 1 jam tanpa perlu penggantian komponen.

Pelanggan diminta untuk melakukan booking service terlebih dahulu untuk menghindari antrean. Perusahaan memastikan seluruh proses pemeriksaan hingga final check tidak dipungut atau gratis.

"Dengan segala kerendahan hati, PT TAM mengajak para pemilik Toyota Raize dan Toyota Agya tahun produksi tertentu, agar dapat datang ke bengkel resmi Toyota di seluruh Indonesia untuk memastikan apakah kendaraannya mendapatkan service. Kami akan melakukan pemeriksaan Electronic Control Unit (ECU) yang mengendalikan kerja brake booster dan update software untuk memperbaiki kinerjanya," ucap Marketing Director PT TAM, Anton Jimmi Suwandy.



Pelanggan bisa menghubungi jaringan dealer resmi Toyota yang tersebar di seluruh Indonesia, website resmi https://www.toyota.astra.co.id/ssc, atau via Toyota Customer Care yang beroperasi 24 jam di nomor telepon 1-500-315.

Selain itu, pelanggan dapat berinteraksi dengan Toyota Interactive Virtual Assistant (TARRA) melalui Whatsapp di nomor 08111500315 untuk pengecekan status.

populerRelated Article