Toyota Mah Bebas, Apapun Ubahan Avanza #PastiLaku

03 January 2019 by
Toyota Mah Bebas, Apapun Ubahan Avanza #PastiLaku

Foto: Ilustrasi - Toyota Agung Automal

Uzone.id - Pro dan kontra langsung bermunculan begitu bocoran resmi tampang terbaru dari Avanza eksis di dunia maya. 

Ada yang setuju kalau Avanza memang harus berubah, ada juga yang merasa ubahan yang dilakukan Toyota terhadap Avanza kurang nendang. 

Dengan desain lampu, grill dan bumper yang lebih radikal dari model saat ini, Avanza tampil jauh lebih segar dan modern, mengikuti perkembangan zaman dan kompetisi disegmen low MPV.

Dibilang lumayan, bisa, tapi dibawah ekspektasi juga boleh. Pastinya secara tampang memang berubah, meski tetap gak menghilangkan nuansa Avanza model yang ada saat ini.

Dan memang ini cuma versi facelift dari Avanza model sekarang. Tapi kalau dilihat secara tampang, oke lah ya..

Lihat lampunya yang jadi pusat dari ubahan barunya ini. Dibuat bertingkat ala-ala Toyota Voxy.

Barangkali inilah jawaban Toyota atas desain lampu Mitsubishi Xpander yang mendobrak desain mainstream. 

Dua jajaran lampu tersebut memang membuat tampang Avanza lebih segar dan terlihat dewasa. Lampu yang diduga LED itu pun dibuat terintegrasi dengan grill berlabur krom.

Sementara sedikit ke bawah, aliran udara besar sepertinya masih mirip dengan wajah Avanza model sekarang, hanya saja coakan pada bumper sisi kanan-kirinya dibuat lebih agresif.

Sisanya, mulai dari kaca depan sampai atap, sepertinya masih sama aja.

Tapi apapun ubahan yang dilakukan Toyota terhadap Avanza, dijamin mobil ini bakal tetap laku—Toyota mah bebas..

Baca juga: Kayak Gini Toh Tampang Avanza Terbaru

Baca juga: Avanza Baru Sudah Bisa Dipesan Nih, Sebentar Lagi Meluncur

 

Bedah strategi Toyota terhadap Avanza baru

Kenapa gue memprediksi Avanza bakal tetap laku, apapun ubahan yang dilakukan Toyota? Boleh dibilang apa yang terjadi sekarang pada Avanza cuma sekedar formalitas.

Toyota yang selalu gembar-gembor akan selalu mendasarkan semua ubahan berdasarkan kemauan pelanggan, dijawab dengan baik dan diplomatis melalui sosok Avanza terbaru ini.

Ya, dari semua bagian pada Avanza yang sudah 15 tahun berkiprah di pasar otomotif Tanah Air, ada satu suara nyaring dari publik yang baru kali ini digubris Toyota; Avanza harus berubah tampangnya.

Yess, cuma tampang lho, sementara beberapa aspek lain semisal spesifikasi, sistem penggerak roda lah, sampai usungan fitur, dianggap masih cukup untuk MPV sejuta umat ini.

Apalagi, Avanza masih unggul dari segi durabilitas yang sudah teruji belasan tahun, serta bengkel resmi yang tersebar di mana-mana, sampai bengkel umum pun bisa meladeni apapun keluhan Avanza, termasuk menyediakan spare parts.

Bayangkan, betapa bodohnya Toyota kalau merubah apa yang selama ini sudah jadi kekuatan dari Avanza; Multifungsi, durabilitas, ketersediaan bengkel dan spare parts, resale value stabil, harga kompetitif.

Jadi, Toyota dengan cerdas memanfaatkan kondisi ini. Apa yang perlu dirubah kalau sekedar mengikuti napsu guna mengimbangi kompetitor yang terus berubah dan menjadikan MPV-nya kekinian, kalau dengan semua ini saja, masih banyak orang beli Avanza.

Toyota sebagai brand besar sudah tau kapan harus ngegas kapan harus ngerem dan gak melulu mengikuti napsunya untuk selalu jadi nomor satu.

“Yang jelas, kami gak akan menghadirkan mobil untuk sekedar mengikuti tren pasar, kami menciptakan mobil berdasarkan masukan dari pelanggan,” ujar Henry Tanoto, Wakil Presiden Toyota Astra Motor, yang berulang kali menyebut kalimat yang seperti itu.

Dan konsistensi Toyota terbukti pada Avanza terbaru yang bocorannya sudah mulai banyak terkuak. Tidak ada yang berubah pada Avanza secara basik, hanya memoles tampangnya agar terlihat lebih segar.

Sehingga, platform yang digunakan Avanza saat ini boleh dibilang sebagai platform paling awet di Indonesia, sekaligus dengan ciri khas penggerak roda belakang yang tetap bertahan.

Selain dari hal-hal teknis, pembuktian unggulnya Avanza juga terlihat dari penjualannya sepanjang tahun 2018 lalu.

Memang, beberapa bulan sempat disalip Mitsubishi Xpander, namun tetap saja, dengan penjualan rata-rata perbulan mencapai 6.000an unit, pada akhirnya secara keseluruhan sepanjang tahun 2018 Avanza masih mengungguli penjualan Xpander, meski bedanya tipis—sekitar 5.000an unit saja dari Januari - November.

Jadi, sekali lagi, untuk apa Toyota berusaha mati-matian merubah Avanza yang sudah jelas-jelas masih laku, sementara banyak pabrikan lain sampai harus lebay agar dilirik pasar?

Kalau dibilang Toyota selalu main aman? Itu pendapat yang sangat sangat benar sekali. Toyota belum berubah, masih konvensional, masih bermain aman.

Dan semua itu dibuktikan lewat Avanza terbaru..

Jadi, kalian mau berkomentar apapun terhadap ubahan yang terjadi pada Avanza terbaru ini, selama konsumen masih banyak yang memburunya, Toyota akan bergeming.

So, balik lagi ke judul di atas, Toyota mah bebas, apapun yang dilakukan Toyota terhadap Avanza, mobil sejuta umat #PastiLaku

Apa Reaksi Anda ?

Love
80%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
20%

Sedih

Angry
0%

Marah

1857 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
ikhsan lovers36 03 April 2019 | 15:28:20

mobil avanza bagus idaman para keluarga

Ikan Teri 02 April 2019 | 11:48:19

emamg laku keras sih dari dulu dulunya

Ome Pol 25 February 2019 | 17:15:18

iyalah emang ini berapaan dah bos

Agus Triono 19 February 2019 | 09:35:20

kalo uadh terkenal pasyi mudah cari pelanggan juga kan jadinya

Carsten Mogensen 18 February 2019 | 15:21:38

sudah terbukti apa ada nyaman ai lagi

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top