Home
/
Automotive

Honda Mobilio Muncul Belakangan, Setelah Low MPV Lain Jenuh

Honda Mobilio Muncul Belakangan, Setelah Low MPV Lain Jenuh

Bagja Pratama03 December 2018
Bagikan :

Foto: Honda Indonesia

Uzone.id - Tahun depan bakal banyak low MPV baru dari pabrikan raksasa yang selama ini sudah mapan dengan mobil sejuta umatnya.

Suzuki, diprediksi masih bertahan dengan All New Ertiga, namun bakal ada improvement dari sisi fitur.

Begitu juga dengan Mitsubishi yang masih diatas angin dengan Xpander yang permintaannya masih terus mengalir.

Sementara Nissan coba peruntungannya kembali dengan rencana kehadiran Livina terbaru.

Dan gebrakan lain ditunggu dari Avanza dan Xenia terbaru, yang juga akan dihadirkan tahun depan.

Belum lagi Wuling yang pastinya gak akan tinggal diam dan membiarkan Confero dan Cortez melenggang begitu saja.

Tersisa Honda Mobilio, yang sampai saat ini entah masih menutup rapat informasi atau memang belum ada rencana untuk menghadirkan model barunya.

padahal, dari sisi penjualan saat ini, sudah mulai ketinggalan dari para kompetitornya.

Menurut Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual HPM, Jonfis Fandy, hingga kini pihaknya belum memiliki rencana menghadirkan versi terbaru dari Honda Mobilio.

“Belum ada, karena kita pada 2017 sudah melakukan penyegaran secara facelift. Tetapi, belum tahu juga (di 2019), ditunggu saja,” kata Jonfis.

Honda masih merasa nyaman dengan rataan penjualan 2.000an unit perbulan.

Bandingkan dengan para kompetitornya, data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sepanjang rentang waktu itu.

Toyota Avanza terjual 67.940 unit, Mitsubishi Xpander terjual 66.125 unit, Daihatsu Xenia 25.728 unit, Suzuki All new Ertiga enam bulan terjual 15.265 unit.

Jonfis mengaku gak khawatir dengan kondisi tersebut, dan menganggapnya sebagai eforia produk baru, dan nantinya juga akan mereda.

“Konsumen sekarang sudah balik lagi ke yang rasional. Mereka menyadari bahwa hanya euforia saja, dan sekarang sudah balik lagi yang menginginkan mobil keluarga itu bukan sekedar tampilan, tetapi produk dan aftersales-nya juga,” beber dia.

Nah, momentum disaat konsumen sudah jenuh dengan low MPV itulah, diprediksi bakal dimanfaatkan Honda untuk menghadirkan Mobilio terbaru.

Strategi ini pernah dilakukan Honda saat Mobilio pertama kali dilahirkan. Kala itu, pasar low MPV sedang jenuh karena hampir semua pabrikan sudah menghadirkan produk baru.

Baca juga: Avanza-Xenia vs Xpander-Livina

populerRelated Article