icon-category Auto

2019 Ganti Mobil: Avanza-Xenia vs Xpander-Livina

  • 02 Dec 2018 WIB
Bagikan :

Uzone.id - Pertarungan low MPV di Tanah Air mulai tahun depan bakal kembali memanas. Tren duet maut pun kini gak hanya dimonopoli duo Toyota-Daihatsu.

Yess, setelah dominasi Avanza-Xenia yang selama ini gak ada lawannya, maka mulai tahun depan, diprediksi bakal memanas setelah rencana kehadiran Xpander-Livina.

 

Munculnya Duet Maut Baru low MPV

Mitsubishi sudah cukup memberikan bukti, setahun berkiprah si fenomenal Xpander sudah sangat kurang ajar untuk mengkudeta singasana Avanza sebagai mobil terlaris lebih dari satu dekade.

Maka, ditambah rencana kelahiran Nissan Livina terbaru, bukan tidak mungkin dua poros kekuatan loe MPV di Tanah Air tersebut bakal bertarung seru.

Kenapa Nissan Livina baru harus diperhitungkan? Karena ekstrak kesuksesan dari Xpander akan diadopsi oleh Livina.

Ya, kedua mobil ini bakal berbagi platform dan bakal muncul layaknya duet maut Avanza-Xenia.

Hanya soal selera saja yang akan membedakan keduanya, seperti halnya Avanza dan Xenia.

Hadirnya Livina baru juga diharapkan bakal membangkitkan kembali merek Nissan yang saat ini terseok-seok di Indonesia.

Sementara Xpander, bakal terus menjadi penopang Mitsubishi guna semakin menguatkan aliansi Nissan-Mitsubishi di Indonesia.

Xpandr pun begitu agresif menggempur pasar, baik domestik dan ekspor, sampai-sampai jatah produksi Pajero Sport diambil alilh sementara.

“Semua guna memenuhi permintaan Xpander yang banyak,” kata Mitsubishi.

Begitu juga dengan Nissan yang sudah mengumumkan bakal menghadirkan Livina terbaru tahun depan. “Kami akan menghadirkan MPV terbaru dari platform Xpander,” tulis Nissan.

 

Waspada Kehadiran Avanza-Xenia Baru

Namun, kemunculan duet maut baru itu tentu gak bakal mudah. Sebab, Toyota dan Daihatsu tentu gak akan tinggal diam.

Sudah pada tau kan kalau Daihatsu sedang menggodok konsep baru dari Avanza-Xenia, yang diprediksi bakal dihadirkan tahun depan.

Indikasi bakal hadirnya duet maut terbaru dari Avanza-Xenia terendus dari rumor kalau Daihatsu sudah menghentikan produksi dari Xenia, guna mengehabiskan stok dan mempersiapkan slot produksi untuk Avanza-Xenia model baru.

Itu kenapa juga barangkali yang membuat penjualan keduanya di Oktober 2018 lalu melesat dan menyalip Xpander secara mengejutkan.

Dan kerasnya persaingan disegmen low MPV ini juga bisa terlihat dari ketatnya penjagaan informasi apapun terkait rencana kehadiran low MPV ini.

Daihatsu misalnya, membantah rumor kalau Xenia sudah stop produksi.

“Siapa yang mengatakan Daihatsu tidak lagi memproduksi Xenia? Itu salah," kata Amelia Tjandra, Direktur Marketing Daihatsu Indonesia.

Namun, sumber internal Daihatsu berbisik hal lain. “Produksi sudah dihentikan, sudah persiapan untuk model baru. Tadinya mau meluncur Desember ini, tetapi batal. Geser menjadi Januari kalau tidak ada perubahan," ujr sang sumber dilansir kompas.com

Maka, rencara kehadiran duet maut yang sudah 15 tahun berkiprah ini bukan masalah yang sepele untuk dihadapi, malahan bisa jadi bakal kembali menenggelamkan duet maut terbaru dari Nissan dan Mitsubishi itu.

 

Nasib low MPV Lain Hanya Penonton?

Dan ketika Avanza-Xenia dan Xpander-Livina bertarung tahun depan, bagaimana nasib low MPV lain?

Suzuki misalnya, tentu gak mau All New Ertiga jadi penonton dan hanya mengais remah-remah dari hasil penualan empat model low MPV tersebut.

Kerja keras dan inovasi, tentu harus dilakukan Suzuki agar All New Ertiga tertangkap radar publik kala Avanza-Xenia dan Xpander-Livina sedang bertarung sengit.

Begitu juga dengan Honda Mobilio yang jelas harus berubah dan memberikan penawaran yang signifikan, sebagaimana biasanya Honda tawarkan pada sebuah mobil andalannya.

Sebab kalau tidak, pertarungan low MPV hanya akan terjadi pada kedua duet maut tersebut, sedangkan sisanya, hanya menjadi penonton.

Termasuk Wuling yang sebenarnya juga layak diperhitungkan. Meski begitu, juga harus ada inovasi baru dari Confero dan Cortez agar tetap bisa dilirik publik dan gak hanya sekedar alternatif saja.

 

Siapa Jawara dari Avanza-Xenia vs Xpander-Livina?

Ini merupakan pertanyaan super besar saat ini. Melihat sepak terjang pertarungan Avanza vs Xpander sepanjang tahun ini, rasanya segala hal bisa saja terjadi.

Pastinya, dari kedua duet maut tersebut, gak akan ada yang mendominasi satu sama lain. Justru tarung sengit saling salip menyalip akan bisa kita saksikan di tahun depan.

Strategi pemasaran dan ide-ide brilian dari tim marketing tiap-tipa merek bakal jadi penentu, serta tentu saja keberanian untuk menghadirkan sesuatu yang gak pasaran, baru, dan unik, untuk memikat mata dan hati publik agar membelinya.

Baca juga: Avanza-Xenia Baru Sudah Bisa Dipesan!

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini