Xpander Sang Penghibur, Sang Penyebar Kebahagiaan

26 December 2018 by
Xpander Sang Penghibur, Sang Penyebar Kebahagiaan

Uzone.id - Bahagia. Jangan lupa bahagia. Kebahagiaan. Kosakata indah yang biasanya utopis dan jarang terjadi di dunia nyata.

Apalagi, kebanyakan manusia menjadikan kosakata ‘kebahagiaan’ lebih sebagai ambisi—ambisi paling dasar dari manusia itu sendiri.

Tak heran, sejumlah manusia terus mencarinya, mengejarnya, sampai entah kapan bisa didapatkan, karena pada akhirnya, kebahagiaan adalah rasa yang relatif, yang tak terukur, hanya bisa dinikmati dan disyukuri.

Namun, kebahagiaan itu adalah kunci. Dengan kebahagiaan, banyak hal bisa tertutupi dan secara otomatis menjadi filter untuk menyaring semua rasa menjadi menyenangkan.

Dan kalau kebahagiaan itu adalah sesuatu yang dicari dan dikejar, kita semua barangkali salah. Kebahagiaan adalah sesuatu yang bisa diciptakan..

Bisa apa saja, mewujud jadi apapun, termasuk mobil yang selama ini kita kendarai.

Barangkali, kalian langsung berfikir, apa hubungannya sebuah mobil dengan kebahagiaan? 

Kalau kita mau jujur, apakah ada perasaan bahagia ketika membeli dan memiliki sebuah mobil? Apalagi ketika mobil tersebut sesuai dengan ekspektasi kita, dan sebaliknya, ketika mobil itu mengecewakan, apa yang kita rasakan?

Bicara benda, mobil barangkali hanya terdiri dari spesifikasi teknis yang rumit padahal fungsinya sederhana, untuk membawa kita berpindah tempat.

Untuk mewujudkan itu, tidak sulit. Sejak satu abad yang lalu pun, manusia sudah gampang membuat mobil, kalau hanya sekedar bicara fungsi.

Namun, mobil yang diberikan jiwa, mobil yang ‘hidup’, barangkali ini yang sulit untuk diwujudkan.

Apalagi yang kita bicarakan bukan mobil mewah nan eksotis sekelas Ferrari atau Lamborghini, bukan. Yang akan kita bicarakan adalah sebuah mobil yang pada dasarnya biasa saja, namun harus punya rasa yang membahagiakan.

Sehingga, para pabrikan mulai berlomba untuk menciptakan mobil yang bukan sekedar alat transportasi, tapi juga bisa memberikan rasa bahagia pada para pemiliknya. Bahkan, gak cuma pemiliknya, tapi juga kebahagiaan untuk sebanyak mungkin manusia lain.

 

Xpander Tons of Real Happiness, ketika beli mobil itu membahagiakan

Ketika semua mobil—khususnya yang berjenis low MPV, punya kesamaan, baik secara teknis maupun harga jualnya, maka yang tersisa adalah bagaimana caranya pabrikan mengemas mobil tersebut agar berbeda dari sebangsanya.

Mitsubishi sedikit banyak membuat saya tertarik ketika mereka melahirkan Xpander, sebuah mobil yang benar-benar baru untuk publik Indonesia.

Sedari awal, mereka sudah tidak lagi membicarakan urusan teknis dan fitur, karena semua pabrikan bisa saling mencontek dua hal itu.

Namun, kalimat ini, “Tons of Real Happiness’ yang justru membuat saya tertarik. Apakah benar bisa Mitsubishi menciptakan kebahagiaan yang nyata dari sebuah mobil? Bahkan sampai ber-ton-ton banyaknya kebahagiaan itu.

Dan rasanya langkah mereka tepat sejauh ini. Mitsubishi hanya perlu mengedukasi publik dan menunjukkan demonstrasi yang jelas dan real tentang bagaimana sebuah mobil itu bisa dirasakan.

“Kami mengedepankan konsep MPV yang selangkah didepan, untuk generasi mendatang, namun bisa terwujudkan lebih dulu untuk masa sekarang,” ujar Intan Vidiasari, Deputy Group Head of Planning and Communication Group MMKSI.

Dengan begitu, lanjut Intan, orang Indonesia diharapkan bisa tersadar dengan merek dan produk Mitsubishi terbaru itu, apalagi kalau bukan Xpander.

Mitsubishi sadar, pemetaan low MPV selama ini timpang di Indonesia. Satu merek begitu kuat mengakar, hingga mendominasi dan tidak memberikan merek lain kesempatan untuk berkembang.

Maka, jalan satu-satunya adalah memberikan pencerahan lain, salah satunya dengan demonstrasi yang nyata tentang mobil tersebut dalam kemasan yang berbeda, yang baru, dan menyenangkan.

Sebuah mobil yang secara tepat bisa memberikan kebahagiaan yang bukan sekedar ucapan manis para tenaga penjual, tapi nyata bisa dirasakan siapa saja, termasuk para pembeli Mitsubishi Xpander.

 

Bagaimana Event Tons of Real Happiness mempengaruhi benak masyarakat

Ide dasarnya sebenarnya tidak rumit, meski setelah dijalankan, kita akan melihat kemasan keceriaan dan kemegahan yang menunjukkan banyak hal tentang Mitsubishi Xpander.

Event Xpander Tons of Real Happiness jelas bukan sebuah pameran mobil mainstream biasa. Ini adalah sebuah event besar dan panjang yang dijalankan sepanjang tahun.

Bayangkan, Mitsubishi harus sampai menggelar wahana hiburan rakyat yang klasik namun tidak lekang termakan zaman, di 9 kota di Indonesia, sepanjang tahun 2018.

Ditengah sarana hiburan publik yang itu-itu saja, Mitsubishi memberikan solusi instan yang mengincar anak-anak sebagai salah satu penentu kebijakan pembelian sebuah mobil.

Mereka diajak untuk memasuki sebuah wahana permainan yang terletak di lokasi strategis di tiap-tiap kota, sehingga memudahkan orang tua untuk mengaksesnya.

Suasana ceria sudah pasti tersuguhkan. Dominasi warna merah dan putih, serta cahaya lampu warna warni, musik latar dan berbagai detail lainnya langsung menyambut para keluarga yang memasuki area Tons of Real Happiness.

Lalu dimana peran Xpander dan Mitsubishi? Barangkali sama sekali tidak terlihat secara mencolok, namun dijamin bakal langsung melekat di benak siapa saja yang punya kesempatan untuk berada di lokasi tersebut.

Sang bintang utama, Mitsubishi Xpander hanya dijadikan simbol saat pembukaan event tersebut, dengan demonstrasi yang juga fantastis!

Setidaknya untuk sebuah low MPV, kepikiran untuk menarik sebuah komidi putar atau carousel adalah sebuah ide yang gokil.

Karena biasaya, benda-benda raksasa tersebut hanya ditarik menggunakan truk atau mobil berjenis SUV, bukan low MPV seperti Xpander.

Tapi nyatanya? Bisa kok..

Dan apa yang didapat dari setiap mata yang menyaksikan demonstrasi tersebut?

Inilah Xpander, yang kuat secara nyata gak cuma di brosur dan iklan saja. Baik rangka dan tenaga dari mesin 1.500cc yang digendongnya, ternyata sanggup juga kok untuk menarik benda raksasa yang bisa membahagiakan banyak orang tersebut.

Siapa lagi yang mau membantah soal kekuatan Xpander ketika di depan mata sendiri, Carousel bisa bergerak karena ditarik low MPV andalan Mitsubishi tersebut?

Di moment inilah Mitsubishi berhasil merasuki benak para pengunjung dan menanamkan nilai kalau Xpander itu sanggup menarik berton-ton kebahagiaan untuk banyak orang, khususnya keluarga Indonesia.

“Memang citra seperti itu yang ingin kita sasar, bagaimana caranya kita memberikan pesan kalau Xpander bisa menciptakan dan menyebarkan berton-ton kebahagiaan untuk masyarakat Indonesia, dengan jelas dan nyata,” tambah Intan.

 

Persiapan rumit untuk memberikan banyak kebahagiaan bagi keluarga Indonesia

“Ini kita pakai mobil (Xpander) yang sama disemua kota, untuk menarik carousel ini, jadi biar semua juga tau, ini bukti nyata kalau Xpander kuat,” celoteh Intan.

Bumper belakang Xpander pun rela berkorban untuk menarik carousel, dengan memanfaatkan pengait towing.

Tentu saja, sebelumnya Mitsubishi sudah mengukur dan mempertimbangkan towing capacity yang sesuai. Sebab, salah perhitungan sedikit saja, bumper bisa rontok dan bukan gak mungkin melukai rangka bagian belakang mobil.

Setelah semuanya dianggap sesuai standar kemampuan dan keamanan, towing hub pun dipasang agar bisa terkait dengan carousel yang super besar itu.

“Kita mempertimbangkan kapasitas towing hub itu, berapa kapasitasnya adalah minimal dari berat kendaraan itu sendiri. Jadi kalau Xpander itu berat kosongnya 1,2 ton, dan kalau muatan penuh bisa sampai 1,6 ton, alhamdulilah, semuanya bisa berjalan sesuai dengan rencana dan tidak membahayakan mobilnya,” beber Intan.

Setelah itu, Mitsubishi kembali memikirkan kota-kota mana saja yang diberi kesempatan pertama untuk menggelar event Tons of Real Happiness. Tentu saja, kita hanya bisa berusaha, tanpa bisa membahagiakan semua.

Maka dipilihlah 9 kota representatif yang salah satu pertimbangannya punya potensi market yang besar terhadap Mitsubishi, serta sebagai bentuk apresiasi Mitsubishi karena di kota-kota tersebut, sudah begitu banyak konsumen setianya.

Tidak berhenti sampai disitu, selain rumitnya menentukan siapa brand ambassador yang cocok, juga memilih jajaaran para artis dan pengisi acara untuk setiap kotanya.

 

Rangkaian kota-kota yang beruntung dikunjungi Xpander Tons of Real Happiness

Dimulai dari kota Bekasi, yang mengambil lokasi di Summarecon Mall Bekasi pada 27 Juli 2018.

Di kota pertama ini, ada special performance dari Rifat Sungkar, Zara Leola, DJ Yasmin, the Sasonos Family, Naura, sampai Diskopantera.

Kemudian rombongan bergerak ke Semarang, mengambil lokasi di Lottemart Wholesale Semarang. Di kota Semarang, Rifat Sungkar kembali hadir, ditemani the Sasonos Family, serta DJ Freya, Naura, dan talkshow yang melibatkan youtuber otomotif Indonesia.

Setelah Semarang, berlanjut ke Surabaya dengan Plaza Surabaya jadi lokasinya. Di kota Surabaya ini, Rifat Sungkar dan the Sasono Family masih setia hadir, dilengkapi dengan youtuber Arief Muhammad, DJ Freya, Zara Leola, juga talkshow para youtuber otomotif Indonesia.

Dari Surabaya, Tons of Real Happiness berlanjut ke kota Makasar, yang berlokasi di Parkir Utara Phinisi Point Makasar, dengan dimeriahkan Rifat Sungkar dan the Sasonos Family, serta Neona, DJ Yasmin, Zara Leola, serta talkshow youtuber otomotif.

Kota Medan menjadi kota selanjutnya yang berlokasi di Parkir belakang Plaza Medan Fair. Di kota Medan, kembali Rifat Sungkar dan the Sasono Family menghibur masyarakat setempat, dilengkapi dengan DJ Yasmin, Zara Leola, serta talkshow bersama youtuber otomotif Indonesia.

Masih di pulau Sumatera, kini giliran kota Pekanbaru yang dikunjungi. Lokasinya di SKA Mall Pekanbaru, yang diisi Rifat Sungkar, the Sasono Family, DJ Yasmin dan talkshow bersama Youtuber otomotif Indonesia.

Dari Pekanbaru, kemudian bergeser ke Palembang dan mengambil lokasi di Palembang Icon Mall, yang acaranya dimeriahkan Rifat Sungkar, the Sasonos Family, Naura, Arief Muhammad, juga Diskopantera. Tak lupa, talkshow bersama youtuber otomotif Indonesia.

Dan yang paling terakhir, kota Bandung menjadi destinasi yang dikunjungi Tons of Real Happiness, bertempat di Paskal Food Market Bandung.

Di kota Bandung, jajaran pengisi acara seperti Rifat Sungkar, the Sasonos Family, serta Milly & Mamet Movie talkshow, Mocca, Naura, sampai Diskopantera.

Dan terakhir, kota penutupan, bakal digelar Januari 2019 mendatang di kota Tangerang, yang bisa kalian cari detail informasinya di www.mitsubishixpander.com.

Rangkaian roadshow Tons of Real Happiness yang dijalani Mitsubishi di 8 kota di Indonesia itu pun ternyata bukan tanpa hasil selain memberikan brand image mengenai Mitsubishi Xpander.

Diluar padatnya rangkaian Tons of Real Happiness ini, Mitsubishi terus mengumumkan pencapaian penjualan Xpander yang bahkan sejauh ini sudah lebih dari 115 ribu unit hanya dalam waktu satu setengah tahun sejak diluncurkan.

Apakah event ini bisa dibilang sukses? Sekali lagi, itu hal yang relatif, karena beberapa kali Mitsubishi mengklaim kalau Tons of Real Happiness adalah ajang menyebarkan kebahagiaan, bukan menjaring penjualan.

Namun, total jumlah pengunjung yang tercatat dari 8 kota terakhir yang dikunjungi ternyata sudah mencapai 88.737 orang yang tercatat di database Mitsubishi. Selain itu, ada sebanyak 591 Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) selama rangkaian acara ini berlangsung.

 

Xpander sang penghibur, penyebar kebahagiaan

Belum pernah ada MPV lain yang bisa menandingi sang raja, Avanza, yang selama lebih dari satu dekade berkuasa di segmen low MPV Tanah Air.

Kalau ada mobil lain yang bisa menandinginya, sudah pasti mobil itu benar-benar dipersiapkan dengan serius dan pastinya enggak sekedar mengikuti selera pasar.

Jadi, barangkali seperti inilah cara Mitsubishi mengemas sosok Xpander sebagai pendatang beru disegmen low MPV di Indonesia yang selama ini hanya didominasi segelintir merek saja.

Inilah cara Mitsubishi menegaskan seperti apa Xpander itu tanpa harus banyak berkata dan berjanji-janji manis.

Kalau mobil itu bisa dijadikan sebagai faktor penentu kebahagiaan, maka inilah Xpander, sang penghibur, penyebar kebahagiaan.

Xpander bukanlah sekedar sebuah mobil, Xpander adalah filosofi mengenai manusia yang seharusnya terus mengembangkan semua potensi yang ada di dalam dirinya untuk bisa memberikan inspirasi dan kebahagiaan untuk sebanyak mungkin manusia lain.

 

 

Apa Reaksi Anda ?

Love
100%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

1755 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Abet Permana 17 February 2019 | 00:03:48

xpander sang pehibur sang penyebar kebahagiaan bagi yang punya uang itu intinya

Dadan Ramdan 16 February 2019 | 17:15:03

memang kalau kita punya mobil xpander tuh bahagia banget soalnya nyaman

Ahmad Tajul 16 February 2019 | 12:17:22

bahagianya cuma kalangan atas saja yah

BK Pro 14 February 2019 | 16:52:42

bahagianya cuma kalangan atas saja

Adi Nursalim 13 February 2019 | 21:32:30

wah bahagia nya cuman buat kalangan atas saja

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Recommended For You

To Top