Home
/
Startup

Upaya Tokopedia untuk Mendorong Talenta Digital di Indonesia

Upaya Tokopedia untuk Mendorong Talenta Digital di Indonesia
Susetyo Prihadi03 February 2022
Bagikan :

Uzone.id - Menurut riset yang dikeluarkan oleh Google, Temasek, dan Bain dalam laporan bertajuk e-Conomy SEA 2021 lalu diperkirakan, nilai ekonomi digital Indonesia bisa mencapai USD 146 miliar atau sekitar Rp 2.080 triliun pada 2025.

Nilai yang besar tersebut, diiringi dengan tiga tantangan yang harus dihadapi oleh industri digital di tanah air, yakni defisit talenta digital, regulasi data, dan infrastruktur.

Berangkat dari hal tersebut, perusahaan teknologi Indonesia, Tokopedia, mencoba menjawab tantangan tersebut dengan berkomitmen untuk terus berkolaborasi bersama para mitra strategis guna mendorong kemajuan talenta digital tanah air dan mencapai pemerataan pengetahuan melalui teknologi, lewat Tokopedia Academy.

Baca juga: Voucher Game Paling Laku Sepanjang 2021

“Sepanjang 2021, partisipan yang mengikuti program edukasi seputar dunia digital dan teknologi melalui Tokopedia Academy meningkat hampir 3x lipat dibandingkan dengan tahun 2020,” ungkap CIO, Chief of Staff Technology sekaligus Senior Vice President Tokopedia, Aswin T. Utomo.

Peningkatan ini didorong oleh penambahan enam program baru pada 2021 yaitu, START Talks: forum diskusi dari top leaders industri teknologi, Tokopedia NextGen: inkubator untuk  pelajar SMA/SMK/SLTA sederajat, START CX First Summit, CX First Talks: webinar seputar CX, TGTC X Project dan Summer Acceleration Programs: workshop peningkatan keterampilan dan pengembangan karir bagi mahasiswa dan fresh graduates.

“Hingga kini, terdapat 18 program yang dapat diakses oleh masyarakat Indonesia secara gratis melalui situs Tokopedia Academy,” jelas Aswin.

Baca juga: Uzone Talks: Cetak UMKM Digital Berdaya Saing Global

Program-program ini antara lain START Summit, START Summit Extension, START Women in Tech, Technology Workshop, DevCamp, Data Workshop, Behind Great Product, Design After Hours, Product Design Workshop, Product Design Academy, Tokopedia Connects, dan Tokopedia Goes to Campus.

Melalui serangkaian program tersebut, Tokopedia Academy melakukan beragam kegiatan turunan gratis selama tahun 2021, antara lain:

  • Empat Summit: START Summit: konferensi teknologi tahunan Tokopedia, START Women in Tech: konferensi teknologi tahunan untuk memberdayakan dan mendorong partisipasi perempuan di industri teknologi, START CX First Summit: konferensi customer experience (CX), serta Konferensi Maju Digital (KMD) kolaborasi bersama ekosistem grup GoTo.
  • 14 workshop seputar pemrograman, pengembangan produk, strategi multi-cloud, entrepreneurship, dan masih banyak lagi.
  • 55 webinar edukasi seputar teknologi, data, desain produk, manajemen produk, CX, dan berbagai materi lainnya yang terkait dengan dunia digital teknologi.

“Ke depannya, Tokopedia #SelaluAdaSelaluBisa akan terus berkolaborasi dan berinovasi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, termasuk perihal edukasi digital, agar talenta Indonesia dapat memajukan industri teknologi Indonesia sekaligus bangkit bersama mendorong pemulihan ekonomi dalam negeri,” tutup Aswin.

populerRelated Article