Trik AC Mobil Tetap Dingin Saat Mudik

23 May 2019 by
Trik AC Mobil Tetap Dingin Saat Mudik

Komponen pada air conditioner (AC) punya andil besar ketika kita menjalani ritual mudik ke kampung halaman. AC yang bermasalah dipastikan mengurangi kenyamanan mudik pakai mobil pribadi.

Untuk menghindari hal tersebut, kita bisa lakukan beberapa cara di rumah dan mungkin bisa menjadi solusi untuk menjaga agar AC mobil tidak bermasalah tanpa mengutak atik komponen. Artinya cukup melakukan beberapa langkah simple untuk menjaga usia AC mobil. Berikut caranya.

Jaga kebersihan interior

Bersih atau tidaknya interior mobil akan memberikan dampak kepada kualitas AC, khususnya saat proses pendinginan. Kabin yang kotor dapat membuat AC tidak dingin karena kotoran tersebut menumpuk di bagian filter dan membuatnya tersumbat.

Jika hal itu terjadi, bisa dipastikan sirkulasi udara yang dihasilkan tidak akan optimal walaupun AC tetap menyala, karena AC tidak dapat berfungsi dengan baik yang disebabkan oleh penyumbatan tadi. Ini juga akan membuat proses pendinginan kabin menjadi lebih lama.

Ada baiknya untuk selalu memperhatikan kebersihan kabin, terutama karpet dan lantai mobil yang menjadi tempat injakan penumpang serta pengendara.

Buka kaca sebelum menyalakan AC

Suhu di dalam mobil kemungkinan akan lebih panas daripada suhu di luar karena adanya udara yang terperangkap di kabin. Oleh karena itu, jangan langsung masuk ke mobil lalu diam di dalamnya dan menyalakan AC karena akan membuat udara lebih panas.

Hal yang harus dilakukan pertama kali adalah buka semua kaca atau jendela mobil, lalu putar blower ke tingkat tertinggi sehingga AC dapat bekerja secara maksimal.

Matikan mesin dan AC beberapa saat

Perjalanan jauh kadang memang membuat bosan. Selain terlalu lama berada di dalam mobil, kadang AC juga ikut bermasalah karena menyala dalam waktu lama, 4 jam misalnya. Untuk mengatasinya, matikan mesin dan AC mobil untuk beberapa saat.

Jangan lupa juga untuk membuka jendela mobil agar udara di dalam mobil dapat berputar dengan baik. Ini juga berguna untuk 'mengistirahatkan' AC yang sudah bekerja terlalu keras sepanjang perjalanan. Jadi, AC akan lebih cepat dingin ketika dihidupkan kembali.

Bersihkan kondensor AC

Kondensor AC yang bersih akan membuat hembusan udara dari AC lebih cepat dingin daripada kondensor yang kotor.

Untuk membersihkannya, hanya perlu menyemprotkan air ke bagian kondensor AC ketika sedang mencuci mobil. Posisi kondensor tepat di balik gril depan. Atur tekanan air sesuai dengan kebutuhan untuk merontokkan kotoran-kotoran yang menempel di kondensor AC mobil.

Jika dengan cara di atas AC mobil masih terasa lambat ketika mendinginkan kabin, segera bawa mobil Anda ke bengkel resmi untuk pengecekan lebih lanjut seperti dilansir Seva.id, Kamis (23/5).

Berita Terkait

Apa Reaksi Anda ?

Love
0%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

302 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Miskin aman 16 October 2019 | 01:56:06

yang terpenting kebersihan paling utama sekali

Code ERROR 404 14 October 2019 | 06:37:03

yang terpenting jaga kebersihan di dalam mobil

DimasHardstyle 10 October 2019 | 21:42:49

yang terpenting kita harus menjaga kebersihan terutama saat di mobil

Wijanarko 10 October 2019 | 03:29:52

bag7s sekali tips yabg s7dah diberikan

Mida Vhia 12 July 2019 | 14:58:18

wih, semoga acnya betah di kondisi panas

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top