Test Drive Honda Civic, Sensasi Turbo 200 Km/Jam di Tol Transjawa

25 May 2019 by
Test Drive Honda Civic, Sensasi Turbo 200 Km/Jam di Tol Transjawa

 

Uzone.id - Rasa penasaran terhadap sedan ikonik Honda Civic terjawab sudah. Dan kesimpulannya begitu jelas, jalan tol adalah habitat sejati dari sedan berturbo ini.

Gue berkesempatan mencicipi Honda Civic turbo versi facelift 2019, saat ikut menemani tim redaksi survei jalur mudik 2019 di tol Transjawa.

Memang, ubahan yang dilakukan Honda pada Civic turbo facelift ini gak banyak, tapi rasa performa mesin, sampai gimana impressi berkendaranya selalu menyimpan rasa penasaran tersendiri.

Tonton video test drive Honda Civic turbo di tol Transjawa:

 

Eksterior

Tampilan Hodna Civic facelift ini gak banyak berubah. Honda hanya menyematkan beberapa detail aksesoris untuk membedakannya dari model sebelumnya.

Semua lampu masih full LED, masuk ke dalam kabin udah smart entry dan ada tombol untuk menyalakan mesin secara otomatis melalui remote.

Khusus versi sedan, Honda masih menyeimbangkan nuansa sporty dan eleganitas sehingga bisa mengakomodir keduanya sekaligus di mobil yang sama.

 

Interior

Masuk ke dalam kabinnya, nuansa hitam yang sporty masih akan kita temui. Namun, Honda udah ngebuat joknya jadi lebih keren dengan motif baru.

Selebihnya masih sama. Pada bagian tengah dasbor ada layar sentuh floating berukuran 7 inc yang bisa terkoneksi dengan USB, Bluetooth, juga mirrorring.

Setirnya yang udah tilt dan telescopic juga ngebantu untuk mendapatkan posisi mengemudi yang pas, apalagi pengaturan joknya udah elektrik, baik di pengemudi maupun penumpang depan.

tombol-tombol pada setir juga tersedia, untuk audio di kiri dan cruise control di kanan. Dibelakang setir, ada tuas paddle shift.

Di bagian konsukl tengah, tempat dimana tuas transmisi CVT tersedia, juga ada tiga tombol, yakni Parking Brake Electric, Auto Hold dan juga Econ.

 

Fitur

Untuk sedan seharga Rp 500 jutaan ini,rasanya fiturnya gue rasa cukup. Untuk keselamatan sendiri, di mobil ini udah disediakan 6 airbags.

Rem ABS, EBD dan BA sudah pasti. terus ada hill start assist, stability control, emergency brake signal, juga kamera mundur dan masih banyak lagi fitur elektronik untuk mendukung keselamatan.

 

Mesin dan performa

Honda Civic ini pakai meisn yang sama dengan Honda CR-V turbo. Sebuah mesin berkapasitas 1.500cc i-VTEC turbo.

Bedanya hanya di outputnya aja. Karena sedan lebih ringan bobotnya, maka tenaga yang dihasilkan gak sebesar di Honda CR-V.

Mesin Civic sanggup menghasilkan tenaga sebesar 173 PS dan torsinya 220 Nm. Cukup lumayan, bahkan berlebih untuk sebuah mobil bermesin 1.500cc.

Efeknya? Honda Civic jadi bisa menawarkan dua hal sekaligus. Kencang dan irit BBM.

Tenaga mesin tersebut tersalur dengan baik melalui transmisi CVT. Transmisi yang banyak disayangkan kalau harus dipasangkan dengan sebuah mesin turbo.

Tapi dalam konteks sebuah sedan, besar dan liarnya tenaga mesin turbo harus diademkan dengan transmisi smooth seperti CVT.

Hasilnya, meski akselarasi terasa lembut, tapi tenaga mengisi kadang tanpa ampun dan seperti menjambak pengemudi ketika pedal gas diinjak spontan.

Akselarasinya sangat sensitif dan responsif, itu terasa saat jalan jauh di TransJawa, dimana Civic nyaris gak pernah kehilangantenaga selama dipacu di jalan tol ini.

 

Handling

Selain performa mesin yang mumpuni dan menemukan habitatnya di tol TransJawa, Honda Civic juga masih punya keunggulan lain, yakni handling yang ajib.

Sekilas, nyetirin Honda Civic turbo udah kayak lagi maen game. Bener-bener less control dan ngebuat kalian lengah dan maunya ngegas terus karena dimanjain sama tenaganya.

Namun, segla macam manuver di kecepatan tinggi, enteng aja diladeni sama Civic ini. Handlingnya presisi dan sama sekali gak liar.

Karakter suspensi sport begitu terasa pada kekakuan ayunan Civic, tapi anehnya bisa diredam dengan baik oleh setingan suspensi khas sedan.

 

Kesimpulan

Honda masih mempertahankan citra Civic sebagai mobil sport harian yang diperuntukkan bagi siapapun yang doyan nyetr mobilnya sendiri, sekaligus tetap membutuhkan gengsi untuk memastikan kelas sosialnya.

Dan Honda Civic turbo, bisa mengakomodir dua hal itu sekaligus..

Apa Reaksi Anda ?

Love
0%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

238 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Kapiten 17 22 June 2019 | 16:17:22

kalo masuk jakarta auto pake 10kmjam

Hindun Yafa 22 June 2019 | 12:12:20

kalo jalanansepi ya pasti ngebut yak gaes

arwanbahnur 22 June 2019 | 10:57:07

wah kecepataanya luar biasa juga yah

kidun jogja 22 June 2019 | 09:57:21

wah kalo jalanan sepi ya mgebut bgt yak

Rizal Amrulah 22 June 2019 | 09:21:03

gila kalo ngendarain secepat itu wkwk

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top