Home
/
Digilife

Ternyata Ini Biang Dibalik Soal-soal Viral di Baliho Sampai Bungkus Gorengan

Ternyata Ini Biang Dibalik Soal-soal Viral di Baliho Sampai Bungkus Gorengan
Siti Sarifah05 July 2021
Bagikan :

Uzone.id - Beberapa hari belakangan memang netizen dihebohkan dengan tangkapan layar videotron atau baliho dengan soal-soal pengetahuan umum. Saking viralnya, netizen di berbagai kota, mulai dari Jakarta, Bandung, hingga Semarang, sontak penasaran dan bertanya-tanya tentang alasan munculnya pertanyaan-pertanyaan ini.

Berdasarkan penelusuran melalui QR Code yang ditampilkan dalam baliho tersebut, link mengarah ke situs bernama Mulai Darimana Aja. Situs ini ternyata merupakan inisiatif dari perusahaan teknologi di bidang edukasi, Zenius. Mereka lagi-lagi melakukan eksperimen sosial.

Menanggapi hal ini, Rohan Monga, CEO Zenius mengatakan bahwa walau sederhana, namun ada sejumlah partisipan yang belum tepat menjawabnya. Dia pun berharap pertanyaan-pertanyaan seperti ini akan memantik rasa keingintahuan serta mendorong pembaca untuk saling berdiskusi satu sama lain sembari melatih pemikiran kritis mereka.

Baca juga: Videotron Tantang Netizen, Viral Gara-gara CMIIW

“Karena itulah, kami sangat senang melihat banyaknya masyarakat yang berpartisipasi dan saling membagikan jawaban mereka di media sosial," kata Rohan, dalam keterangan resminya, Senin, 5 Juli 2021.

Zenius bertujuan untuk menangkap gambaran kemampuan dasar masyarakat Indonesia di tiga bidang keterampilan fundamental, yakni matematika, logika verbal, dan Bahasa Inggris. Berdasarkan survei yang dilakukan Program for International Student Assessment (PISA) pada tahun 2019, Indonesia menempati ranking ke-62 dari 70 negara berkaitan dengan tingkat literasi. Sebanyak 70 persen dari anak-anak Indonesia pun berada di bawah level kompetensi minimum dalam membaca, 71 persen dalam matematika, dan 60 persen dalam sains.

Sejak 14 Juni lalu, ‘eksperimen sosial’ yang Zenius lakukan menghasilkan lebih dari 100.000 total vote atau jawaban partisipan yang tersebar mulai dari Sumatera hingga Sulawesi. Dari total jawaban tersebut, sebanyak 73 persen (73.893) menjawab benar dan 27 persen (27.817) masih memberikan jawaban yang salah pada puluhan pertanyaan yang bersifat fundamental di website Mulai Darimana Aja. Hal ini menunjukkan learning gap merupakan masalah nyata yang ada di masyarakat, dan hal tersebut harus diperbaiki.

Kampanye unik ini juga merupakan salah satu cara Zenius untuk mengenalkan fitur terbarunya, ZenCore. Fitur ini menyediakan materi dan pelatihan bersifat adaptif tentang pengetahuan fundamental yang wajib dikuasai setiap individu. ZenCore memiliki dua bagian utama, yakni CorePractice, tempat latihan dengan ratusan ribu pertanyaan dari 3 cabang konsentrasi utama seperti logika verbal, matematika, dan Bahasa Inggris, yang bisa disesuaikan dengan tingkatan pemahaman masing-masing individu serta CoreInsight, bagian yang menyediakan berbagai pengetahuan yang insightful seperti filsafat, basic sciences, big history yang dapat digunakan untuk mendukung dan memperluas wawasan dan sudut pandang pengguna.

Tersedia di aplikasi Zenius, fitur ZenCore dapat diakses secara gratis. Terdiri dari 100 level dengan total lebih dari 135.000 pertanyaan yang disajikan dalam format permainan. Ke depannya, Zenius akan terus mengembangkan fitur-fitur yang memanfaatkan teknologi AI untuk memberikan pengalaman belajar terbaik dan menyenangkan untuk seluruh pengguna di Indonesia.

Sejauh ini, Zenius menjadi salah satu penyedia konten edukasi terbesar di Indonesia dengan koleksi lebih dari 90.000 video pembelajaran dan ratusan ribu latihan pertanyaan gratis. Per Desember 2020, Zenius memiliki lebih dari 20 juta pengguna di website dan aplikasi. 

populerRelated Article