Suka Perjalanan Jauh Bareng Keluarga? Jangan Beli SUV yang Gak Punya Fitur Kekinian  

13 December 2018 by
Suka Perjalanan Jauh Bareng Keluarga? Jangan Beli SUV yang Gak Punya Fitur Kekinian   

Uzone.id - Pilih-pilih mobil buat keluarga apalagi yang suka bertamasya itu gampang-gampang susah

So, tidak saja soal keamanan tapi juga kenyamanan patut dipertimbangkan. Jenis SUV seolah jadi satu-satunya pilihan terbaik ketika diajak bepergian jauh bersama keluarga.

Tapi, milih sebuah SUV sekarang ini juga gak gampang, karena hampir tiap pabrikan punya SUV andalannya masing-masing.

Karena itu, kita perlu membedah lagi, SUV yang kayak gimana sih yang pas untuk andal dan nyaman saat bepergian jauh.

 

Kenapa lebih baik SUV?

Namanya tamasya itu jarang yang lokasinya dekat, sehingga harus siap dengan berbagai kondisi jalan di setiap daerah yang dilewati

Apalagi kalau mengajak serta keluarga, kalau mobil enggak tahan banting, terjadi insiden di jalan, bisa dibayangkan repotnya kayak gimana.

Maka SUV muncul sebagai sosok mobil yang dianggap paling cocok untuk bepergian jauh. 

Punya kaki-kaki yang mumpuni, setidaknya kalau dibandingkan dengan mobil jenis lain. Ground clearence yang juga tinggi, sehingga gak khawatir kalau melewati permukaan jalan yang gak rata.

Namanya jalanan luar kota, kadang gak bisa diprediksi. Tanjakan dan turunan curam misalnya, sudah begitu dengan permukaan jalan yang bergelombang.

Bahkan, gak jarang menemui kemacetan di tanjakan, yang pastinya bikin merinding kalau gak terbiasa dengan kondisi tersebut.

 

Lantas Fitur yang Wajibnya Apa?

Nah, ketika sudah memilih jenis mobilnya, baru kita bicarakan apa aja fitur yang harus ada pada SUV tersebut agar semakin menyempurnakan rencana perjalanan jauh Anda.

Karena, saat ini SUV gak melulu cuma mengandalkan otot dan kekuatannya saja. SUV juga harus aman dan mengedepankan keselamatan, maklum, kalau sudah perjalanan jauh keluarga selalu jadi prioritas.

Setidaknya, ada beberapa fitur SUV kekinian yang dianggap sangat dibutuhkan:

 

Mesin Kecil Bensin Irit

SUV memang identik dengan mesin bongsor, sebagai kompensasi bobot yang berat, agar tenaganya gak loyo.

Namun, tren saat ini mulai bermunculan SUV yang percaya diri meski hanya mengandalkan mesin kecil, tapi tentu saja kebanyakan sudah dibekali sokongan turbo untuk mendongkrak tenaganya.

Nah, mesin kecil turbo untuk SUV ini diprediksi bakal jadi tren kedepan, karena punya banyak keunggulan.

Pertama, kalau konteksnya untuk liburan nih ya, tenaga mesin gak loyo saat harus ngebut di jalan tol yang panjang atau leluasa melibas tanjakan ekstrem sekalipun.

Selain itu, karena kapasitas mesinnya kecil, konsumsi bahan bakarnya pun gak boros. Ini penting saat perjalanan jauh, utamanya kalau ke pelosok-pelosok yang masih jarang ditemukan SPBU.

 

Fitur Cruise Control

Cruise Control adalah fitur yang berfungsi mempertahankan kecepatan mobil pada kecepatan tertentu yang sudah diseting sebelumnya.

Dengan mengaktifkan fitur ini, mobil akan berjalan dengan sendirinya dan mempertahankan kecepatan sesuai dengan yang diinginkan.

Apa gunanya? Jelas banyak gunanya. Terutama kalau perjalanan jauh dan biasanya lewat jalan tol atau jalan yang sepi.

Karena dengan adanya fitur ini, kaki pengemudi gak akan cepat pegal terus mengoperasikan pedal gas. 

Coba aja melintas di tol baru Trans Jawa, maka kalian akan menemukan faedah dari Cruise Control ini selama di perjalanan.

 

Hill Hold Control

Selepas dari jalan tol yang panjang dan menjemukkan, barulah kita akan menghadapi medan jalan yang lebih menantang.

Tanjakan dan turunan pastinya bakal sering ditemui. Nah, disinilah peran fitur Hill Hold Control atau juga Hill Start Assist berguna untuk pengemudi.

Jadi, fitur tersebut memungkinkan rem menahan mobil untuk tidak bergerak selama beberapa detik, untuk memberikan kesempatan pengemudi mengoperasikan pedal. 

Biasanya, perpindahan kaki dari pedal rem ke pedal gas. Kondisi ini sering memakan waktu beberapa detik, dan meski hitungannya detik, gak jarang mobil bisa mundur atau bahkan melluncur sendiri ke belakang. Kan bahaya..

Dengan fitur Hill Hold Control, kejadian seperti itu gak akan terjadi deh.

 

Traction Control

Selain tanjakan dan turunan curam, biasanya jalur luar kota banyak tikungan-tikungan tajam dan ektrem. 

Belum lagi kalau cuaca gak mendukung, hujan misalnya, membuat permukaan jalan jadi licin.

Traction control inilah yang berfungsi menjaga permukaan ban dan aspal tetap menempel dan memberikan traksi, sehingga mobil tidak selip.

Dengan adanya fitur traction control, gejala seperti under steer dan over steer bisa diminimalisir.

Cara kerjanya juga sudah berdasarkan sensor secara elektrik. Ketika sensor mendeteksi putaran ban yang abnormal, lebih cepat dari seharusnya, maka sensor akan memberikan sinyal ke ECU untuk mengurangi tenaga mesin, agar ban kembali mendapat traksi.

 

Rem ABS, EBD dan BA

Apa sih ini? Biasanya modal rem cakram aja yang kek inikan sudah cukup bukan? Belum tentu.

Rem cakram sekalipun kalau terjadi hard braking dan tanpa ABS, bisa mengakibatkan ban diam terkunci, akibatnya, meski kampas rem sudah mengigit maksimal piringan cakram, mobil akan tetap melaju.

ABS sendiri singkatan dari Anti-lock Braking System, jadi memang dirancang agar roda tidak terkunci saat melakukan pengereman ekstrem.

Nah, agar rem ABS semakin sempurna, ditambahkan pula EBD yang merupakan singkatan dari Electronic Brake-force Distribution. 

Maksudnya, dengan adanya fitur EBD, maka saat megerem dorongan ke depan yang pada kondisi ekstrem bisa membuat penumpang terpental ke depan, bisa diminimalisir.

Karena fitur elektronik ini dengan cerdas bisa membagi energi akibat pengereman tersebut secara merata ke seluruh bagian mobil, sehingga penumpang di dalam kabin tidak secara ekstrem terdorong ke depan saat mengerem.

Sementara terakhir, BA yang merupakan singkatan dari Brake Assist, berfungsi membantu menekan rem. 

Jadi walaupun rem diinjak sedikit, sistem sudah secara otomatis menambahkan power untuk membantu menambah kemampuan pengereman. 

BA juga biasanya membaca pelepasan kaki pada pedal gas secara mendadak dan berpindah ke rem.

 

Nah, fitur-fitur tersebut diatas, rasanya sudah sangat wajib dan menjadi standar di semua SUV, apalagi kalau mobil itu mau diajak tamasya.

Dan bocorannya, semoga ini kabar baik ya, semua fitur tersebut bakal ada di SUV terbaru dari Wuling yang mulai tahun depan akan dipasarkan.

Penampakan awalnya sudah dimunculkan saat GIIAS 2018 lalu, mengambil bassis dari Baojun di China.

Namun, Wuling masih bungkam dengan spesifikasi dan fitur-fiturnya, dengan alasan akan lebih dulu disesuaikan dengan kondisi di Indonesia.

Melihat kondisi di Indonesia yang seperti ini, maka bukan tidak mungkin Wuling akan melengkapi SUV terbarunya itu nanti dengan serangkaian fitur tersebut.

Pertama, mungkin sudah sama-sama tau kalau SUV terbaru Wuling nanti akan menggunakan mesin kecil berkapasitas hanya 1.500cc tapi sudah dibekali turbo.

Kemudian urusan keselamatan, serangkaian fitur seperti Cruise control, Hill hold control, Traction Control, juga rem ABS, EBD dan BA, kemungkinan besar juga sudah tersemat pada SUV ini.

Dan pastinya yang paling bikin penasaran, harga jualnya yang dijamin gak akan semahal SUV-SUV lain kebanyakan.

Apa Reaksi Anda ?

Love
100%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

1019 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Wiwi Setiawati 19 January 2019 | 09:45:14

bodo amat gw mau ngomong

Muhammad Ikram 19 January 2019 | 06:03:24

Mobil ini adalah mobil pilihan keluarga

Cipinang Mukegile 19 January 2019 | 05:25:36

aplikasi ini sangat membantu saya thx all

Fahmi Kamal 18 January 2019 | 17:02:48

wah keren abis ini fitur SUV yg sangat kekinia dan bisa di buat perjalanan yg sangat jauh mantap betul ini mobil

Wahyu Agus 18 January 2019 | 16:30:15

itu sangat bagus untuk di minati berkualitas pula

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Recommended For You

To Top