‘Siri’-nya Aplikasi GoPay Dinamai Dira, Sepintar Apa?
Uzone.id — GoTo (PT Gojek Tokopedia) akhirnya ikut nyemplung ke teknologi AI dengan menghadirkan produk asisten suara berbasis AI bernama Dira by GoTo yang sudah hadir di GoPay mulai Selasa, (16/07).
Sebagai informasi Dira by GoTo ini adalah bagian dari GoTo AI yang menjadi program jangka panjang pengembangan dan pemanfaatan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) di ekosistem GoTo.Membahas soal Dira, asisten suara ini hadir dalam bahasa Indonesia yang kini sudah digunakan di aplikasi GoPay dan nantinya akan menyebar ke aplikasi Gojek dalam waktu dekat.
Dira sendiri diambil dari nama Dikte Suara, asisten suara ini didesain untuk memberikan pengalaman yang lebih baik, membantu dalam menggunakan fitur aplikasi GoPay hingga melakukan berbagai transaksi lebih cepat.
“Dira merupakan asisten suara berbahasa Indonesia yang tidak hanya memberikan manfaat bagi pengguna, namun juga menjadi landasan untuk pengembangan inovasi AI GoTo lebih lanjut di masa mendatang,” kata Hans Patuwo, GoTo Chief Operating Officer dalam keterangan yang diterima Uzone.id, Rabu, (17/07).
Kehadiran Dira ini diklaim menjadi inovasi perintah suara berbasis artificial intelligence pertama yang meluncur di industri fintech Indonesia saat ini.
Kehadiran asisten suara Dira juga menjadi salah satu inovasi utama dari GoTo AI untuk mencapai 3 fokus yaitu meningkatkan pengalaman pengguna yang lebih mudah dan nyaman, memperkuat keamanan di seluruh platform GoTo dan memperkuat kapabilitas tim GoTo dalam pengembangan dan aplikasi teknologi AI.
Nah, berhubung sudah diluncurkan, apa sih kegunaan dan kemampuan asisten suara berbasis AI ini?
Kemudahan
Pertama, GoTo mengklaim kalau Dira bisa mempersingkat durasi yang diperlukan untuk menyelesaikan satu transaksi.
Sebagai contoh, untuk membayar tagihan BPJS kesehatan, dibutuhkan beberapa kali tap dan scroll hingga sampai ke halaman pembayaran BPJS.
Nah, dengan Dira ini, pengguna nantinya hanya butuh satu kali tap, lalu langsung memberikan perintah untuk melakukan berbagai transaksi yang dibutuhkan sehingga bisa menghemat waktu.
Kedua, Dira juga diklaim bisa membantu pengguna untuk menavigasi fitur antarmuka aplikasi GoPay dengan lebih mudah. Asisten AI ini bisa meminimalisir pencarian manual di halaman utama aplikasi dan memudahkan pengguna menemukan fitur baru dalam aplikasi GoPay.
Aksesibilitas
Dengan hadirnya Dira di GoPay, GoTo mengklaim kalau implementasi AI dapat dimanfaatkan lebih banyak pengguna karena akses yang sangat mudah. Apalagi sekarang bisa diakses di aplikasi GoPay yang berukuran ringan.
“Sehingga, Dira dapat diakses di perangkat handphone apa saja, termasuk perangkat dengan kapabilitas terbatas, tanpa biaya,” tambah Hans.
Nah, bagi kalian yang ingin mengakses Dira, kalian bisa mengikuti cara-cara berikut.
- Buka aplikasi Gopay versi terbaru
- Klik ikon mikrofon yang ada di pojok kanan atas halaman utama GoPay
- Berikan perintah suara sesuai kebutuhan, misalnya transaksi
- Kalian akan diarahkan ke halaman transaksi terkait.
Transaksi yang bisa diakses oleh Dira diantaranya adalah bayar tagihan listrik, transfer ke bank ataupun sesama GoPay, beli pulsa, mengganti PIN, dan banyak lainnya.
Sesuai dengan standar keamanan aplikasi GoPay, pengguna tetap diwajibkan untuk melakukan autentikasi transaksi dengan PIN dan verifikasi biometrik seperti sidik jari atau pengenalan wajah.