Setahun Bersama YouTube, Apa Saja yang Ngehits Selama 2024?
Uzone.id — Tak hanya Spotify dkk yang punya tren tahunan untuk melihat apa saja yang ngehits di platform mereka, YouTube pun punya tren tahunan ini dengan nama “Setahun bersama YouTube di 2024” atau YouTube Year in 2024.
Singkatnya, YouTube memberikan recap menyeluruh tentang apa saja yang nge-hits di platform mereka sepanjang tahun ini. Dari topik yang paling banyak dibahas, kreator yang paling populer, hingga terbaru, ada konten dan kreator Shorts yang paling banyak dinikmati para penonton.Tahun ini, YouTube menemukan tren dimana budaya online di Indonesia didominasi oleh kreator yang mengedepankan keunikan dan lokalitas, sekaligus menarik perhatian audiens global berkat identitas lokal yang otentik.
Salah satu yang mencolok di tahun ini adalah konten-konten terkait Piala Asia AFC 2024 dan Kualifikasi Asia Piala Dunia 2026, Tim Nasional Sepak Bola Indonesia (Timnas Indonesia).
Dalam keterangan yang dibagikan YouTube Indonesia, kanal Timnas Indonesia memperoleh lebih dari 250 ribu subscriber dan lebih dari 20 juta penayangan sepanjang tahun ini. Tak hanya itu, terdapat lebih dari 2 miliar penayangan video membahas tentang Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia pada tahun 2024.
Sebagai informasi, data-data ini diambil dari data YouTube Indonesia dari tanggal 1 Januari hingga 31 Oktober 2024.
Tahun ini, ada beberapa topik yang paling banyak ditonton dan dibicarakan di YouTube, khususnya di kalangan masyarakat Indonesia. Free Fire MAX menjadi yang paling banyak dibicarakan, disusul oleh topik mengenai Amazing Digital Circus.
“Di Indonesia, terdapat lebih dari 4 miliar penayangan video membahas tentang Free Fire Max pada tahun 2024,” kata YouTube.
Berikut merupakan topik populer yang paling banyak dibicarakan di YouTube Indonesia selama 2024:
- Free Fire MAX
- Amazing Digital Circus
- Gibran Rakabuming Raka
- FIFA World Cup Asian qualifiers
- Poppy Playtime
- JKT48
- Avatar World
- Red Sparks
- Fauzana
- Kuromi
Sementara itu, dari jutaan kreator yang aktif di Indonesia, ada beberapa nama yang konten-kontennya banyak dinikmati oleh penonton YouTube tanah air. Jess No Limit misalnya, meski tak berada di posisi pertama, namun ia berhasil menjadi kreator pertama di Asia Tenggara yang meraih 50 juta subscribers.
Berikut kreator YouTube yang paling banyak ditonton oleh penonton Indonesia:
- MrBeast
- Stokes Twins
- Willie Salim
- Jess No Limit
- Ricis Official
- Mukbang Bersama Bent
- Itsmeissie
- Koko Adent
- Sansan Tiffabelle
- Frost Diamond
Lebih lanjut, salah satu yang mendominasi konten YouTube adalah musik. Yup, YouTube masih menjadi platform yang sangat digandrungi untuk menonton dan mendengarkan karya musik dari musisi global maupun lokal.
Tahun ini, Bernadya dan Sal Priadi menjadi dua nama yang banyak ditonton di platform ini. Menurut YouTube, keduanya dikaitkan dengan tren curhat di Shorts, dimana fans berbagi perasaan mereka dengan sang artis tentang tema-tema kehidupan yang relevan dengan lirik mereka.
Berikut lagu-lagu yang paling banyak didengar di YouTube Indonesia selama 2024:
- Henry Moodie - drunk text
- Adrian Khalif, Juicy Luicy - Sialan (feat. Mahalini)
- Angga Candra - Sekecewa Itu
- Mahalini - Mati-Matian
- BABYMONSTER - SHEESH
- Sal Priadi - Gala bunga matahari
- Dudy Oris - Aku Yang Jatuh Cinta
- Mahalini - Bawa Dia Kembali
- Richard Jersey - Oke Gas 2
- Bernadya - Satu Bulan
Selain itu, Shorts juga jadi fitur yang semakin banyak diminati oleh pengguna. Konten-konten video pendek dengan musik-musik yang mengiringi ragam konten mereka. Sepanjang 2024, ada 10 lagu teratas yang paling banyak digunakan di konten Shorts, berikut diantaranya:
- Angga DermawanFAJA SKALI 2
- DJ Desa - Terek Bale Remix (feat. MAMAN TEN)
- Mazaya Amania - Memangnya Aku Boneka
- Angga Dermawan - DOLA
- Sarah Suhairi, Alfie Zumi - SAH
- HISTED, TXVSTERPLAYA - Masha Ultrafunk
- Nella Kharisma - Sebelas Duabelas
- Juan and Kyle - Marikit sa Dilim (feat. JAWZ)
- Sharou - 3:03 PM
- Zachz Winner - doodle
Nah, itu tadi top 10 penyanyi, kreator, lagu dan konten yang paling banyak diminati dan dicari di YouTube selama 2024.