Selain Indonesia, Ternyata 6 Negara Ini Juga Kental dengan Tradisi Mudik!

18 May 2019 by
Selain Indonesia, Ternyata 6 Negara Ini Juga Kental dengan Tradisi Mudik!

 

Hari raya Idul Fitri menjadi momen paling berkesan bagi seluruh umat muslim yang ada di dunia. Pasalnya pada hari itu, umat muslim telah menyelesaikan kewajiban di salah satu bulan yang penuh dengan keberkahan, yakni puasa di bulan Ramadhan. Di Indonesia sendiri, penyelenggaraan salah Ied bisa di beragam tempat. Mulai dari di masjid hingga lapangan.

Hari Raya Idul Fitri juga memiliki beberapa keunikan, misalnya silaturahmi ke tetangga, bermaaf-maafan, hingga bagi-bagi tunjangan hari raya alias THR. Namun, di antara itu semua, ada satu keunikan yang mungkin dirasa paling berkesan dari Hari Raya Idul Fitri, yakni tradisi pulang ke kampung halaman.

Entah itu dilakukan sebelum ataupun setelah Hari Raya Idul Fitri, pulang ke kampung halaman atau yang biasa disebut mudik sudah menjadi tradisi sejak dahulu kala. Bertemu dengan keluarga serta sanak saudara nan jauh di sana seakan menghapus kerinduan yang pernah singgah. Tentu kamu juga merasakan hal yang demikian, bukan?

Nah, tradisi mudik Lebaran ini sendiri ternyata gak cuma terjadi di Indonesia. Umat muslim di beberapa negara juga ternyata memiliki tradisi yang sama, lho. Wah, kira-kira di negara mana saja ya tradisi mudik itu berlangsung? Daripada penasaran, langsung aja deh kita Keepo bareng-bareng!

India

India
nulis.co.id

Di India ternyata ada juga tradisi mudik. Di negara yang penduduknya menduduki peringkat lima terbesar di dunia ini, tradisi mudik tidak hanya dilakukan ketika menjelang Lebaran saja, lho.

Tradisi pulang kampung ini kebanyakan memang dilakukan oleh para transmigran atau perantau yang bekerja ataupun belajar jauh dari tempat tinggal asal mereka. Ketika mudik berlangsung, beberapa ruas jalan di India pun terlihat padat merayap.

Nah, selain hari Lebaran, tradisi mudik juga dilakukan ketika akan menyambut perayaan Festival of Lights atau yang lebih dikenal dengan sebutan Dilwali, guys.

Baca juga: Tips Mudik Lebaran Aman Naik Kendaraan Pribadi

China

Cina
news.okezone.com

Meski penduduknya dikenal sebagai penganut paham komunis, namun tidak serta merta penduduk muslim di sana berpandangan demikian. Bahkan, meskipun dibilang minoritas, penduduk muslim di China nyatanya mencapai 18 juta jiwa, lho.

Hal itu diketahui berdasarkan sensus yang dilakukan pada tahun 2014 silam. Mungkin sekarang bisa juga sudah bertambah. Sama halnya dengan di Indonesia, tradisi mudik di China berlangsung ketika menyambut datangnya Hari Lebaran.

Para perantau akan sibuk memenuhi jalanan sambil menenteng tas bawaan. Tradisi mudik ini nggak cuma berlangsung pas Lebaran saja, namun juga ketika menyambut perayaan Tahun Baru Imlek, lho.

Bangladesh

Bangladesh
intisari.grid.id

Negara yang terletak di wilayah Asia Selatan serta berbatasan dengan Pakistan ini juga memiliki tradisi mudik. Negara ini disebut-sebut sebagai negara dengan populasi penduduk muslim terbanyak keempat di dunia. Makanya nggak heran kalau di sini kenal dengan tradisi mudik.

Ketika hari raya akan tiba, jalanan pun akan dipenuhi oleh para pemudik. Mulai dari transportasi darat, laut, hingga udara bakalan dipadati oleh para pemudik yang ingin mengunjungi kampung halamannya.

Malaysia

Malaysia
rri.co.id

Negara tetangga kita juga kenal tuh dengan yang namanya tradisi mudik. Bahkan budaya Islam di negara ini disebut jauh lebih kental dan kuat dibandingkan dengan Indonesia. Meski demikian, tradisi mudik yang dilakukan oleh penduduk Malaysia nggak jauh beda dengan yang dilakukan oleh penduduk Indonesia.

Nah, tradisi yang lebih dikenal dengan nama “balik kampung” ini dilakukan oleh mereka yang bekerja di tanah rantau dan ingin merayakan hari raya bersama keluarga tercinta. Ketika tradisi balik kampung ini berlangsung, segala macam transportasi pun bakalan diserbu dan dipadati oleh para pemudik.

Pakistan

Pakistan
www.idntimes.com

Negara yang berbatasan dengan Bangladesh ini pun nggak mau kalah dengan negara-negara lainnya. Biasanya sebelum Hari Lebaran tiba, masyarakat muslim Pakistan akan memadati jalan raya. Tentu saja untuk kembali ke kampung halaman mereka.

Saking padatnya, beberapa aparat kepolisian pun turun tangan ke jalan untuk mengatur lalu lintas dan arus mudik yang sangat ramai di negara tersebut. Ya, gak beda jauhlah sama di Indonesia.

Turki

Turki merupakan salah satu negara yang cukup unik. Hal tersebut disebabkan oleh letaknya yang berbatasan langsung di wilayah Eropa. Ada yang menganggap kalau Turki itu bagian dari Asia, namun banyak pula yang menganggap bahwa negara ini bagian dari Eropa.

Terlepas dari hal itu, negara ini merupakan salah satu negara dengan populasi penduduk muslim terbanyak di dunia. Sama halnya dengan di Indonesia, tradisi mudik di negara ini pun seakan menjadi tradisi yang wajib dilakukan ketika menjelang Bayram - sebutan penduduk setempat untuk Hari Lebaran.

Para perantau akan turun memenuhi jalan dan ruang transportasi publik guna kembali ke kampung halaman. Tak lupa juga mereka biasanya akan membeli baju baru serta bersilaturahmi ke tetangga, sama seperti yang dilakukan di Indonesia.

Itu dia enam negara yang memiliki tradisi mudik selain di Indonesia. Kira-kira, negara mana lagi ya yang biasanya melakukan tradisi ini tiap tahunnya? Apakah kamu tahu?

Tonton video komparasi mobil budget buat mudik, komparasi Terios vs Xpander:

Apa Reaksi Anda ?

Love
0%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

286 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Iyan Saja 01 July 2019 | 05:36:42

yang lagi banyak mudik ya ini 6 negara

Tri Var Gas 26 June 2019 | 16:57:24

Kirain tradisi mudik hanya di Indonesia saja.. ternyata di luar negeri juga ada tradisi mudik

Tria Nita 20 June 2019 | 13:09:25

tradisi yang pulang bersama saat libur

Ilma As 16 June 2019 | 20:41:20

idul fitri jadi momen di nantikan dunia

Reza As 16 June 2019 | 14:42:16

banyak negara yang tradisi mudik ya

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top