icon-category Auto

Rekor Baru, Brio Generasi 2 Tembus 30 Km/L

  • 20 Mar 2019 WIB
Bagikan :

All New Honda Brio (Foto: Tomi Tresnady/Uzone.id)

Uzone.id - Mengusung tema Brio Break The Limit, PT. Honda Prospek Motor menggelar Brio Battle of Efficiency Winners dengan menguji seberapa irit All New Brio atau Brio generasi 2 dengan melibatkan 48 media online maupun cetak sebagai penguji pada Rabu (20/3/2019).

Rute start dipilih markas HPM di Jalan Gaya Motor I, Sunter, Jakarta Utara, dan finish di sirkuit sentul. Jalur yang dilewati tol Ir. Wiyoto Wiyono lalu keluar tol Jagorawi, Baranang Siang, Bogor. Setelah itu, mobil balik arah menuju sirkuit Sentul.

Baca juga: Penampakan Suzuki DR 150, Calon Motor Dual Purpose untuk Indonesia

alt-img
All New Honda Brio (Foto: Tomi Tresnady/Uzone.id)

HPM menyediakan 20 mobil Brio Satya tipe E CVT (Continuously Variable Transmission) berteknologi i-VTEC dengan kelir beragam. Ada kuning, merah, abu-abu dan putih. Setiap mobil diisi 3 orang jurnalis.

Beragam teknik dilakukan oleh setiap tim demi mendapat catatan terbaik, mulai tak menyalakan AC sepanjang perjalanan namun pengorbanannya badan jadi basah sama keringat.

Selain itu, putaran gas dijaga tak lebih dari 1.500 RPM. Makanya, perjalanan kami tak jarang mendapat klakson dari bus sampai tronton saat hidung kendaraan mereka sudah beberapa meter dengan pantat Brio, karena memang lambat demi mendapat predikat paling irit.

Dan, hasilnya didapat 3 pemenang. Grup 18 meraih juara ke-3 dengan memperoleh 29,6 km/l; Grup 11 di posisi kedua dengan meraih 29,9 km/l; dan juara 1 jatuh ke grup 12 dengan meraih 30,1 km/l.

Tonton video review Toyota All New Camry, Nikmatnya Naik Mobil Pejabat:

Menurut Direktur Pemasaran dan Purna Jual PT. HPM, Jonfis Fandy mengatakan kepada Uzone.id, keiritan mesin Brio tergantung kebiasaan si pengemudi saat berkendara.

Sebelumnya, kata Jonfis, tantangan lomba irit Brio sempat mencapai 21 km/l. Tentunya ini jadi ini rekor baru.

"Kan LCGC sekitar 20 plus minus ya, tapi Brio ini result hari ini tertinggi, kita senang, dan semakin anda mengetahui si Brio, semakin tinggi anda tahu bagaimana supaya hemat bahan bakar, triknya bisa diajarkan sama test drive, kalau gak ada test drive gak ada yang percaya," kata Jonfis.

Oya, mesin i-VTEC pada All New Honda Brio ini punya dua intake dan dua katup buang per-silinder. Dalam rentang rpm rendah, mesin pakai satu katup intake per silinder, sehingga menghasilkan proses pembakaran lebih cepat untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Pada rentang rpm pertengahan hingga tinggi, valve idling terjadi untuk akselerasi yang halus.

Slalom Challenge

alt-img
All New Honda Brio (Foto: Tomi Tresnady/Uzone.id)

Setelah berada di Sirkuit Sentul, HPM juga menggelar All New Honda Brio Slalom Challenge bagi setiap wartawan.

HPM ingin wartawan merasakan langsung kelincahan Brio yang sudah membengkak dimensinya dibanding generasi pertama. Selain itu, ketangguhan mesinnya juga bisa dirasakan saat ngebut hingga melakukan slalom.

"Ini lebih berasa kelincahan, daya tahan mesin, dan juga tentunya mengembalikan safety driving. Anda tidak bisa melakukan ini di rumah, anda tidak bisa melakukan dengan mobil anda sendiri kan, tapi safety riding itu ada dalam kehidupan sehari-hari," ujar Jonfis.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini