Perbedaan Mesin Honda Vario 150 Baru dan PCX 150 Lokal

16 April 2018 by
Perbedaan Mesin Honda Vario 150 Baru dan PCX 150 Lokal

Mesin Honda PCX 150 lokal dan Honda Vario 150 eSP diklaim Astra Honda Motor (AHM) memiliki perbedaan. Kondisi tersebut untuk menyesuaikan bobot kendaraan itu sendiri.

Bobot PCX 150 lokal seberat 131 kilogram (CBS) dan 132 kilogram (ABS), sementara Vario 150 cuma 112 kilogram.

"Oh mesin berbeda kami kembangkannya. Jadi yang (Vario 150cc) ini di air cleaner volume dan posisi berbeda, lalu sisi CVT juga berbeda, kemudian setingan PGM FI juga beda," kata Direktur Marketing AHM Thomas Wijaya di Jakarta, Senin (16/4).

Menurut Thomas, seting mesin pada Vario 150cc model terbaru sudah lebih baik meski masih menggunakan basis mesin Vario sebelumnya.

"Pokoknya ini (mesin Vario dengan PCX lokal) berbeda, semua sudah disesuaikan dari total desain dan wheelbase itu. Lalu teknologi disesuaikan frame, enginer dan segala macam," jelas Thomas.

Vario 150cc terbaru diketahui dibekali mesin 150cc SOHC dengan suplai bahan bakar memakai teknologi PGM-FI. Dalam uji coba internal AHM, skutik matik Vario 150 dapat melaju dari posisi 0-200 meter dengan catatan waktu 11,6 detik dan mencapai kecepatan puncak 105 km per jam. Dengan satu liter bensin motor ini dapat menempuh jarak 46,9 km (klaim).

Sedangkan PCX 150 lokal, memiliki jantung pacu berkapasitas 150cc SOHC yang juga dilengkapi teknologi teknologi PGM-FI. Vario 150 terbaru dijual dengan harga Rp22,5 juta, sementara PCX harganya mulai dari Rp27-an juta.

"Karena segmen itu beda jauh. Keliatan kan dari harganya. Lalu kalau PCX itu kan untuk konsumen yang suka skutik besar ya, nah kalau ini kan yang ingin skutik besar tapi tetap sporti ya. Lalu Vario lebih praktis," ucap Thomas.

Spesifikasi Vario 150 eSP

Tipe mesin : 4 langkah, SOHC dengan pendingin cairan
Suplai bahan bakar : PGM-FI (Programmed Fuel Injection)
Diameterx langkah : 57,3 x 57,9 mm
Tipe transmisi : Otomatis, V-matic
Rasio kompresi : 10,6 : 1
Daya maksimum : 9.7 kW (13,1 ps/12,9 tenaga kuda) pada rpm 8.500
Torsi maksimum : 13.4 Nm (1.37 kgf.m) /pada rpm 5.000
Tipe starter : Elektrik dengan menekan tombol di setang
Tipe kopling : Otomatis, Sentrifugal, Tipe Kering

Spesifikasi PCX 150 lokal

Tipe mesin : 4 Langkah, SOHC, PGM-FI, berpendingin cairan
Suplai bahan bakar : PGM-FI (Programmed Fuel Injection)
Diameter x langkah : 57,3 x 57,9 mm
Tipe transmisi : Otomatis, V-Matic
Rasio kompresi : 10,6:1
Daya maksimum : 10,8 kW (14,7 ps/14,4 tenaga kuda) pada rpm 8.500
Torsi maksimum : 13,2 N.m (1,35 kgf.m) pada rpm 6.500
Tipe starter : Elektrik dengan menekan tombol di setang
Tipe kopling : Otomatis, Sentrifugal, Tipe Kering

Berita Terkait

Apa Reaksi Anda ?

Love
50%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
50%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

loading...
36 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Ijang Mulyana 01 December 2018 | 18:47:20

honda vario yang bari body nya mirip xride

Ogik Ogik 19 November 2018 | 10:32:00

mesin berbeda tentu harganya juga berbeda

Teguh Setiadi 18 November 2018 | 13:51:30

bagusan vario yang dulu lah, makin kenceng aja upbred nya

zahira aqila azkadina 11 November 2018 | 18:12:30

mesin berbeda tentu harganya juga berbeda

Damha sa 29 October 2018 | 18:42:19

honda pcx terlalu gemuk sepeti yamaha nmax

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top