Orang Indonesia Demen Belanja Pas Lebaran, Tokopedia Raup Rp 18,5 T
-
(Foto: dok. Tokopedia)
Uzone.id — Bulan Ramadan turut membawa berkah bagi perusahaan teknologi seperti Tokopedia.Kita semua tahu, Ramadan adalah momentum besar bagi masyarakat yang sudah fasih dengan tren belanja online, khususnya melalui situs e-commerce.
Tokopedia pun memaparkan pencapaian barunya dari segi transaksi online.
“Sepanjang bulan Mei 2019, Tokopedia berhasil mencatat nilai total transaksi sebesar US$1,3 miliar. Transaksi ini berasal dari 97 persen kecamatan di Indonesia, melibatkan 5,9 juta penjual yang tersebar di pelosok Indonesia,” ucap Co-founder merangkap CEO Tokopedia, William Tanujaya dalam pernyataan resminya yang diterima Uzone.id, Rabu (19/6).
Baca juga: Tokopedia Punya Niat Buka Toko Fisik
Angka tersebut jika dikonversikan ke dalam rupiah, akan setara Rp18,5 triliun.
Salah satu kontribusi besar dari pencapaian ini berasal dari program belanja online besar-besaran yang diberi nama Semarak Ramadan Ekstra dan digelar pada 17 Mei 2019.
Selain nilai total transaksi, Tokopedia juga mencatat beberapa hal menarik yang terjadi selama program belanja di bulan Ramadan tersebut.
Baca juga: Tokopedia Belum Minat Melantai di Bursa
Perusahaan mencatat ada sekitar Rp7 miliar donasi dan zakat yang terkumpul di Tokopedia selama Ramadan kemarin.
Lalu Tokopedia juga mengklaim ada 161 truk untuk mengangkut total kurma yang terjual sepanjang Mei 2019.
Selama Semarak Ramadan Ekstra, Tokopedia dikunjungi 2.500 kali per detik oleh konsumen dan ada ada 6.000 barang yang terjual setiap menitnya.
Hal ini tentu gak mengherankan, mengingat warga Indonesia doyan belanja dan memburu potongan harga besar.