Sponsored
Home
/
Automotive

Masuk Klub Crossover SUV Mewah, Ini Kelebihan Mazda CX-30

Masuk Klub Crossover SUV Mewah, Ini Kelebihan Mazda CX-30
Preview
Tomy Tresnady29 January 2020
Bagikan :

Mazda CX-30 (Foto: Tomi Tresnady / Uzone.id)

Uzone.id - PT Eurocars Motor Indonesia telah resmi membuka penjualan Mazda CX-30 di Indonesia. Mobil crossover kompak ini dijual di tengah-tengah antara CX-3 dan CX-5.

Harga CX-30 dijual mulai dari harga Rp 478.800.000 untuk tipe Mazda CX-30 Touring. Untuk varian paling mahal Mazda CX-30 GT (Soul Red Crystal/Machine Grey) dibanderol Rp 522.800.000. Harga itu sudah on-the road DKI Jakarta.

Tentu saja, mobil-mobil keluaran Mazda dikenal dengan desainnya yang mewah, fitur yang canggih serta memiliki handling yang menyenangkan saat diajak kebut-kebutan.

Baca juga: Mazda CX-30 Resmi Dijual di Indonesia, Harga Tembus Setengah Miliar

Begitu juga ketika kamu memiliki Mazda-30 bisa mendapat fitur yang sama persis dengan CX-3. Bedanya, CX-30 punya dimensi lebih lebar hampir menyamai CX-5. Namun, CX-30 dimensinya lebih pendek dari saudaranya, CX-3.

Untuk lebih jelasnya simak saja penjelasan berikut ini:

Desain

Evolusi terbaru desain KODO - Soul of Motion dari Mazda mengekspresikan bentuk baru keanggunan yang terinspirasi oleh nilai-nilai estetika Jepang.

Berbaqi konsep yang sama, CX-3O dikembanqkan untuk menciptakan desain yang baru untuk sebuah compact crossover. Berdasarkan konsep desain 'Sleek 8 Bold'. Proporsinya menggaabungkan ketangguhan sebuah SUV denqan kemudahan yanq mengalir dan luwes layaknya coupe.

Gaya desainnya menganut bahasa desain baru 'Charge and Release.‘ Bahasa desain Ini berasal dari garis sapuan kuas yang digunakan dalam kaligrafi Jepanq dan dikembangkan untuk mengintegrasikan tiga faktor kunci dari tema desain KODO terbaru, yaltu Yohaku, keindahan ruanq kosonq; Sori, kurva yang menggambarkan ketenangan dan kesenmbangan: serta Utsuron, permaman cahaya dan bayangan.

Lebih detailnya. Sari ditampilkan dalam garis bahu yang mengalir dari lender depan ke roda belakang. Memberikan kesan kecepatan dan kekuatan.

Permukaan bodi di bawah garis bahu tersebut mencerminkan linqkungan sekitar dalam bentuk kurva S yang dapat berubah saat mobil bergerak, ini merupakan penqgambaran Utsuroi. Seluruh bentuk akhirnya bersatu dalam satu bentuk gelombang yang menyebar di baqian belakang.

Lampu utama depan dan lampu kombinasi belakang tampil elegan dan fungsional, menampilkan sSusunan LED yang menghasilkan bentuk silinder yang rumit untuk menunjukkan keindahan artistik sambil memberikan kesan mekanis yang khas.

Sinyal lampu sein LED memiliki pola cahaya baru yang khas, yang dimulai denqan pancaran daya penuh dan kemudlan secara bertahap menurun.

Interior

Preview
Mazda CX-30 (Foto: Tomi Tresnady/Uzone.id)

Desain kabin CX-3O didasarkan pada filosofi desain yang berpusat pada manusia (human-centric) khas Mazda dan arsitektur tradisional Jepang dengan memanfaatkan penggunaan Ma atau ruang kosong.

Setiap aspek pada kokpit diposisikan simetris secara horizontal dengan pengemudi sebagai pusatnya. Setiap elemen pada panel instrumen dirancang dengan sudut yang menghadap supir untuk lebih memberikan kesan menyatu antara pengemudi dengan mobil serta kemudahan dalam pengoperasian.

Lapisan sekunder berbentuk sayap terpasang di area atas dashboard. Mengalir secara horizontal dari bagian atas panel instrumen ke ujung trim pintu di sisi penumpang, menghasilkan atmosfer lapang yang memberi kesan kabin yang luas. Detail jahitan di bagian tepi Iapisan dashboard tersebut juga menegaskan ekspresi kualitas interior CX-30.

Bagian konsol tengah; lokasi tuas transmisi berada mendapatkan desain baru dengan teknologi "two-Iayer molding" mirip kepunyaan Mazda3. Pancaran sinar pada panel berwarna smoke-gray menampilkan pola metalik pada lapisan dasar.

Kabin

Dari sisi dimensi, CX-3O menawarkan kabin dan ruang bagasi yang luas yang dikombinasikan dengan kemampuan manuvemya yang luar biasa di lalu-lintas perkotaan dan kemudahan akses untuk menjadikannya kendaraan serbaguna dan mudah digunakan.

Di bagian kabin depan. ada jarak yang cukup lapang di antara kursi depan yang memungkinkan tata letak konsol tengah yang lebih luas dan sandaran tangan (armrest) bagian tengah yang luas.

Kursi belakang juga luas dan memiliki armrest tengah yang lebar dan armrest pada pintu yang memungkinkan penumpangnya mendapatkan posisi duduk yang nyaman dan santai.

Ruang kaki yang lapang untuk penumpang di kursi belakang dengan lantai rendah dan langit-langit tinggi membuat posisi duduk di kursi baris belakang mampu memberikan kenyamanan bahkan untuk penumpang dengan postur yang tinggi.

Kabin yang luas dan jarak yang cukup jauh antara kursi memudahkan orang di depan untuk berbalik dan menghadap orang dl baris belakang.

Pada saal yang sama, penumpang di belakang dapat dengan mudah melihat wajah penumpang depan. Hasilnya adalah ruanq kabin yang mendorong komunikasi di antara para penumpang.

Di bagian paling belakang, kompartemen bagasi menawarkan ruang lapang dengan bukaan pintu bagasi yang besar dan mudah digunakan dalam situasi apa pun.

Kapasitas bagasi CX-30 adalah 430 liter, cukup untuk menampung kereta bayi berukuran besar berstandar global dan tas jinjing. Bukaan pintu bagasi mencapai 1.020 mm, sedangkan ketinggian bibir baqasi mencapai 731 mm yang relatif rendah, membuatnya lebih mudah untuk memuat dan membongkar muatan berat atau besar.

*Termasuk bagian sub-bagasi, berdasarkan perhitungan internal Mazda.

Human-Machine Interface (HMI) & Sistem Audio

Active Driving Display, panel intsrumen tampilan tenqah semuanya didesain ulang untuk menyajikan informasi secara sederhana, sementara pilihan huruf yang digunakan disatukan untuk menciptakan tampilan yang menyenangkan dan konsisten.

CX-3O mengadopsi Iayar lebar sebesar 8,8 inci di bagian tengah, yang menawarkan pengoperasian lebih mudah mela|ui tombol pusat kendali.

Melalui Iayar ini sistem audio All-new Mazda 3 juga dikendalikan. Pada CX-30, Mazda melakukan penelitian baru yang komprehensif tentang bagaimana suara ditransmisikan melalui kabin mobil.

Hal ini menghasilkan penempatan speaker bass di sudut-sudut di mana suara frekuensi rendah direproduksi dengan lebih baik. Speaker mid-range dan frekuensi tinggi diposisikan pada bagian dashboard kiri dan kanan dan bagian atas trim pintu tempat suara ditransmisikan langsung ke telinga para penumpang, tanpa diganggu oleh suara yang dipantulkan.

Sistem audio standar dilengkapi speaker 3-way sebayak 8 buah speaker dengan Woofer 3L yang dipasang di bagian dalam dashboard, tweeter 2,5 cm di bagian kanan-kiri dashboard serta speakers 8 cm di bagian atas trim depan dan belakang.

Visibilitas

Posisi duduk pengemudi diatur tinggi untuk memberikan ruang pandang yang jelas dan memberikan pengemudi fokus pada jalan di depannya. Ketebalan dan bentuk pilar-A juga dioptimalkan untuk meminimalkan sudut obstruksi dan titik-titik buta (blindspot).

Setiap detail bentuk pilar dipikirkan dengan hati-hati, termasuk meneliti sejauh mana sudut gerak leher dan mata tidak akan membebani pengemudi.

Sebagai hasilnya, desain yang digunakan secara signifikan dapat mengurangi blindspot di depan mobil. memberikan pengemudi pandangan yang leluasa terhadap posisi pejalan kaki atau hambatan potensial ke kanan atau kiri sambil mempertahankan postur mengemudi yang tetap alami.

Pilar C iuga dirancang kecil, memberikan visibilitas ke belakang yang baik melalui jendela kecil di belakang, menawarkan pandangan yang jelas dari kendaraan atau benda lain di belakanq, terutama saat berganti lajur atau memasuki tempat parkir.

Pengendalian kecepatan penghapus kaca (wiper) depan juga telah direkayasa denqan hati-hati untuk meningkatkan kinerjanya secara keseluruhan dan secara konstan menyesuaikan sudut pengoperasian wiper semakin baik, sehingga memungkinkan pembersihan kaca hingga ke pilar-A untuk memperluas visibilitas di dekat pilar-A di sisi pengemudi.

Wiper ditempatkan di bawah kag untuk membantu memberikan pandangan lebih jelas di kaca depan. Selain itu, nozel air pencuci terpasang pada lengan wiper sehingga semprotan pembersih dapat segera dihapus seteiah digunakan dan tidak mengganggu visibilitas terutama saat berkendara dalam kondisi cuaca buruk.

Pengendaraan

Di balik kap mesinnya, Mazda CX-30 mengadopsi mesin berbahan bakar bensin SKYACTIVE 2.0 liter terbaru yang telah mendapatkan pengembangan teknologi sehinqga menghasilkan performs dinamis yang Iebih baik. efisiensi bahan bakar dan keramahan Iingkungan. Distribusi tenaga dan torsi dari jantung pacu ini disalurkan melalui transmisi transmisi otomatis 6-speed SKYACTIV-DRIVE.

Fitur Keselamatan

Jaminan keselamatan berkendara Mazda CX-30 diberikan oleh filosofi Mazda Proactive Safety, yang merupakan filosofi kesetamatan milik Mazda untuk memaksimalkan kondisi dimana penqemudi dapat mengendarai mobil secara aman dan dengan kepercayaan diri yang tinggi. Teknoloqi i-ACTIVSENSE juga telah dikembangkan yang merupakan pengendali semua fitur keselamatan di mobil-mobil Mazda.

Pada Mazda CX-30, salah satu fitur keseiamatan yang disematkan antara lain sistem Driver Monitoring. Fitur yanq menggunakan kamera dan LED infrared dapat mengobservasi kondsi pengemudi saat berkendara sehingga mampu mengetahui tingkat kelelahan pengemudi.

Jika fitur mendeteksi kondisi berkendara yang bahaya, sistem ini akan mengeluarkan bunyi peringatan untuk mengingatkan pengemudi dan bekerja bersama Smart Brake Support (588) untuk mengantisipasi kebutuhan pengereman yang lebih baik.

VIDEO Lima Pertimbangan Sebelum Beli New Hyundai Tucson 2020

populerRelated Article