Ramadan

Luluh Juga, Maxim Sanggupi Beri Bonus Hari Raya ke Driver

Vina Insyani
Luluh Juga, Maxim Sanggupi Beri Bonus Hari Raya ke Driver

Uzone.id — Sempat menyebut tidak memiliki kemampuan untuk memberi Bonus Hari Raya pada mitra driver-nya, Maxim kini menyusul Grab dan Gojek untuk menghadirkan bonus uang tunai sesuai permintaan pemerintah.

Kabar ini disampaikan oleh Director Development Maxim Indonesia, Dirhamsyah dalam keterangan yang diterima oleh Uzone.id pada Selasa, (18/03).



“Untuk membantu mitra kami, Maxim telah menyiapkan Bonus Hari Raya bagi pengemudi yang telah bekerja sepenuh hati dan memberikan pelayanan terbaik untuk pengguna,” kata Dirhamsyah dalam keterangannya. 

Adapun soal kriteria pemberian Bonus Hari Raya, Maxim akan memberikannya kepada mitra yang memenuhi syarat berikut:

  1. Pengemudi aktif dalam menjalankan orderan secara reguler
  2. Pengemudi memiliki rating tinggi dan ulasan positif
  3. Pengemudi tidak memiliki pelanggaran atau keluhan dari customer (menjalankan tugas dan tanggung jawabnya secara baik)
  4. Pengemudi telah menjadi mitra dengan perusahaan dalam waktu yang lama, lebih dari satu tahun.

Pemberian tersebut mengacu pada Surat Edaran dari Menteri Ketenagakerjaan tentang pemberian Bonus Hari Raya Keagamaan Tahun 2025 bagi pengemudi layanan angkutan berbasis aplikasi. 

Terkait pada besarannya, Maxim belum memberikan rinciannya namun jika mengacu pada Surat Edaran yang diresmikan pada Selasa, (11/03) lalu, Bonus Hari Raya Keagamaan diberikan secara proporsional sesuai kinerja dalam bentuk uang tunai dengan perhitungan sebesar 20 persen dua dari rata-rata pendapatan bersih bulanan selama 12 (dua belas) bulan terakhir kepada kurir-kurir yang berkinerja baik dan produktif.



Selain memberikan Bonus Hari Raya, Maxim sendiri telah menyediakan beberapa benefit yang ditawarkan. Salah satunya adalah potongan aplikasi yang lebih rendah yaitu hanya 15 persen.

“Maxim juga memberikan kesempatan bagi mitra pengemudi untuk mendapatkan potongan komisi aplikasi yang lebih rendah melalui program driver priority,” tambahnya.

Maxim juga bekerja sama dengan Yayasan Pengemudi Selamat Sejahtera Indonesia untuk memberikan santunan bagi mitra pengemudi maupun penumpang yang mengalami kecelakaan maupun musibah saat menggunakan layanan Maxim.

Tak lupa, selama bulan Ramadan ini, Maxim juga melakukan kegiatan amal dengan memberi bantuan sosial kepada mitra pengemudi dan masyarakat yang membutuhkan. Bantuan sosial ini berupa pembagian paket sembako dan makanan gratis kepada mitra pengemudi dan panti asuhan.

Terkait BHR yang akan dibayarkan selambat-lambatnya 7 hari mrnjelang lebaran, Dirhamsyah berharap bahwa adanya bantuan dan bonus ini memberi dampak positif pada para mitra.

“Kami berharap bantuan ini dapat membantu meringankan beban mitra pengemudi di bulan Ramadan dengan menutupi pengeluaran dan digunakan untuk membeli barang yang sesuai dengan kebutuhan mereka," ujarnya.