Home
/
Gadget

Logo Ikonik Nokia Berubah, Pertama Kalinya Sejak 60 Tahun

Logo Ikonik Nokia Berubah, Pertama Kalinya Sejak 60 Tahun

Muhammad Faisal Hadi Putra27 February 2023
Bagikan :

Uzone.id - Mobile World Congress atau MWC 2023 di Barcelona, Spanyol, menjadi ajang bersejarah bagi Nokia. Untuk pertama kalinya sejak 60 tahun, Nokia mengubah logo dan identitas perusahaan, sebagai upaya untuk mempercepat pertumbuhan produsen ponsel legendaris asal Finlandia ini di pasaran.

Logo yang baru ini terdiri dari lima figur yang membentuk kata ‘NOKIA’, tanpa warna biru ikonik yang sudah lama kita kenal. Sekarang ditampilkan berbagai warna di logo baru Nokia, tergantung pada tujuan penggunaannya, menunjukkan bahwa perusahaan mengambil langkah bisnis yang agresif.

Dikelaskan President dan CEO Nokia, Pekka Lundmark, asosiasi sebelumnya dengan smartphone tidak lagi menjadi prioritas utama perusahaan. Asosiasi di sini adalah HMD Global, dimana perusahaan tersebut memegang hak nama merek Nokia untuk setiap smartphone yang dijualnya.

Preview

Sejak memimpin Nokia pada tahun 2020, Lundmark menetapkan strategi dengan tiga tahap, yaitu reset, accelerate, dan scale. Dengan tahap reset yang sudah dilalui, maka perusahaan pun sedang memulai tahap yang kedua, yakni accelerate dengan menaruh fokus baru pada pasar teknologi bisnis.

Baca juga: Gara-Gara Gen Z, Android Diramal Musnah 10 Tahun Lagi

“Ada asosiasi untuk smartphone dan saat ini kami adalah perusahaan teknologi bisnis,” kata President dan CEO Nokia, Pekka Lundmark, dikutip dari Reuters.

Kini, Nokia masih mengembangkan bisnis service provider dengan menjual peralatan ke perusahaan telekomunikasi. Untuk menambah pundi-pundi pemasukan, Nokia pun akan menjual peralatan teknologi lainnya ke sektor bisnis yang berbeda.

“Kami memiliki pertumbuhan 21 persen yang sangat baik di tahun lalu, yang saat ini sekitar 8 persen dari penjualan kami, (atau) kira-kira 2 miliar euro. Kami ingin menjadikannya dua digit secepat mungkin,” jelasnya.

“Sinyalnya sangat jelas. Kami hanya ingin berada di bisnis dimana kami dapat melihat kepemimpinan global,” pungkas Lundmark.

Preview

Nokia merupakan perusahaan teknologi yang terlibat pada pengembangan telekomunikasi dunia. Sebelum industri smartphone sekarang ‘dikuasai’ oleh Android dan iOS, Nokia merupakan raja ponsel yang sulit disentuh oleh para pesaingnya pada tahun 1990 sampai 2000-an.

Banyak sekali ponsel yang diluncurkan oleh pabrikan asal Finlandia ini, dan kebanyakan merupakan produk legendaris yang terus diingat oleh para pemakainya hingga sekarang.

Baca juga: Samsung Galaxy S23 Ultra Laku Keras, Bukti Orang Indonesia Sultan-sultan

Sebut saja, Nokia 3310, Nokia 8210, Nokia N-Gage, Nokia 6600, Nokia 9000 COmmunicator, Nokia 1110, dan masih banyak lagi. Bahkan, Nokia 1100 keluaran tahun 2003 dinobatkan menjadi ponsel terlaris sepanjang masa hingga sekarang dengan total penjualan sampai 250 juta unit.

Popularitas Nokia menurun setelah perusahaan ini kekeh menggunakan sistem operasi Symbian saat OS Android mulai menunjukkan eksistensinya. Bukannya beralih ke Android, Nokia justru menggunakan Windows Mobile yang juga mati ditelan kedigdayaan Android dan iOS.

Kini, Nokia comeback di industri smartphone. Namun, ponsel Nokia yang dijual sekarang merupakan produksi HMD Global yang resmi memegang lisensi eksklusif brand smartphone Nokia sejak akhir 2016 lalu.

populerRelated Article