Komparasi New Wuling Almaz RS Turbo vs Hybrid, Mending Beli yang Mana?
Uzone.id - Wuling punya dua model Almaz terbaru versi mesin turbo dan hybrid. keduanya punya keunggulan dan kekurangan masing-masing. Nah, biar kalian gak bingung mau pilih yang mana, kami akan sajikan komparasinya.
Eskterior dan Interior, Serupa Tapi Tak SamaSecara tampilan eksterior Wuling Almaz Hybrid vs Almaz RS memang sekilas terlihat sama, namun jika dilihat lebih dekat terdapat perbedaan.
Pada bagian grille depan, Almaz Hybrid menambahkan aksen Dynamic Blue Lines atau aksen garis biru di bempernya. Adapun aksen bemper seperti ini jika di Almaz RS pakai warna merah. Demikian pula dengan ornamen disekeliling foglamp yang juga pakai warna biru.
Ada lagi, pada bagian belakangnya terdapat emblem hybrid di pintu bagasi belakang. Oh ya, Almaz Hybrid juga pakai velg desain baru ring 18 yang dibalut ban ukuran 215/55 R18. Sementara ukuran ban Wuling Almaz RS 215/60 R17.
Masuk ke dalam kabin, Almaz Hybrid menyuguhkan nuansa aksen biru pada sejumlah sektor, mulai dari dasbor, start stop engine, tuas transmisi, juga jahitan jok yang berwarna biru.
Sementara Almaz RS Turbo memadukan aksen warna merah dan juga hitam, yang membuatnya terlihat sporty dan berkelas.
Kemudian Almaz Hybrid punya tampilan MID yang berbeda, karena sudah mengusung teknologi hybrid. Sehingga, terlihat indikator Power Indikator, dimana kita bisa memantau distribusi power dari mesin dan baterai ke roda.
Perbedaan lain untuk keduanya adalah di tuas transmisi, di mana pada versi hybrid pakai desain yang lebih mungil dan futuristik. Sementara versi turbo bermodal tuas transmisi otomatis konvensional.
Untuk komponen interior lainnya sama, masih dibekali headunit 10,4 inci Lalu ada panoramic sunroof di atas. Speaker dari infinity juga hadir untuk memanjakan telinga ketika mendengar musik.
Ada pula teknologi Internet of Vehicle (IoV), Wuling Indonesian Command (WIND), hingga Advanced Driver Assistant System (ADAS).
Bicara kapasitas interior, masih sama antara Almaz Hybrid dan RS bisa menampung 7 orang dengan konfigurasi tiga baris bangku.
Perbedaan lain ada di rasa bantingan suspensi, ini dikarenakan Wuling memberi komponen yang berbeda. Di mana Almaz RS pakai multilink, sementara versi hybrid pakai torsion beam.
Tapi setelah kami coba keduanya, sepertinya Almaz Hybrid terasa sedikit lebih nyaman bantingannya dibanding Almaz RS.
Kemungkinan, meskipun suspensi multilink harusnya punya kualitas yang lebih baik dibanding torsion beam, namun karena dibebani bobot baterai, jadi bantingan suspensinya terasa lebih empuk dan nyaman.
Performa Mesin Jelas Almaz Hybrid Unggul Ketimbang Turbo
Berikutnya adalah membahas sektor mesin yang banyak bikin penasaran. Di atas kertas Almaz Hybrid menggunakan mesin 1.999 cc N/A 4 silinder Atkinson Cycle. Mesin ini diklaim mampu menghasilkan tenaga 124 PS di 5.600 rpm dengan torsi 168 Nm pada 4.000-4.400 rpm.
Kemudian mesin bensin itu digabungkan juga dengan Permanent Magnet Synchronous Motor 1,8 kW, 355 V bertenaga 174 PS dan torsi 320 Nm.
Sementara itu, Almaz RS mengusung mesin berkapasitas 1.451 cc 4 silinder DOHC DVVT Turbocharger dengan transmisi CVT. Di atas kertas, mesin itu mempunyai tenaga 142 PS di 5.200 rpm dan torsinya 250 Nm pada 1.600 rpm – 3.600 rpm.
Secara akselarasi, jelas Almaz hybrid terasa lebih bertenaga dan spontan, apalagi ketika mode EV yang sedang bekerja. Mobil seperti ringan saja untuk bergerak maju. Sementara versi mesin Turbo, meskipun sangat bertenaga, namun untuk tarikan awal masih terasa gejala turbo-lag.
Konsumsi BBM Wuling Almaz Hybrid Vs Almaz RS
Lalu untuk konsumsi BBM Almaz Hybrid vs Almaz RS, siapa yang lebih irit? Metode pengujiannya adalah full to full. Sebelumnya kami mengisi bensin keduanya dengan RON 92 sampai penuh. Kemudian melaju bersamaan hingga jarak tempuh 80 Km.
Selanjunya bensin kami isi lagi sampai penuh. Almaz Hybrid mencatatkan konsumsi BBM sekitar 18,7 km/liter, sedangkan Wuling Almaz RS yang mencatatkan 11,6 km/liter.
Sebagai catatan lagi, Wuling Almaz Hybrid akan semakin irit konsumsi BBM-nya ketika hanya digunakan di perkotaan yang padat, sementara untuk di jalan tol, konsumsi BBM kedua mobil ini hanya terpaut tipis.
Harga Wuling Almaz Hybrid Lebih Mahal
Biar bagaimanapun, sebuah teknologi harus dibayar lebih. Begitulah dengan apa yang disuguhkan Wuling dengan banderol Almaz Hybrid yang dihargai mulai dari Rp438 juta. Sedangkan Almaz RS versi turbo banderolnya Rp398 jutaan.
Diluar harga jualnya yang berbeda dan sektor mesin, kedua seri Almaz ini punya spesifikasi dan juga usungan fitur-fitur yang sama. Jadi, mana yang akan kalian pilih?