Home
/
Automotive

Kenapa IONIQ 5 N Jauh Lebih Ngebut dari Versi Standar? Ini Bedanya!

Kenapa IONIQ 5 N Jauh Lebih Ngebut dari Versi Standar? Ini Bedanya!

Bagja Pratama13 November 2024
Bagikan :

Uzone.id - Menggunakan platform yang sama, namun Hyundai IONIQ 5 N seolah menjelma sebagai monster listrik yang performanya jauh mengungguli IONIQ 5 versi standar. Kok bisa ya?

Hyundai IONIQ 5 N menjadi mobil listrik pertama dari brand N. Mobil listrik ini memiliki performa yang buas, meski secara tampilan sangat identik dengan IONIQ 5 biasa.

Tapi ternyata keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Bukan hanya dimensi, fitur dan performanya juga berbeda jauh dari IONIQ 5 biasa.

Perbedaan Hyundai IONIQ 5 N dan IONIQ 5 standar:

1. Desain

Hyundai IONIQ 5 N lebih rendah, lebih lebar dan punya pelek yang lebih besar. Secara keseluruhan, dibanding IONIQ 5 biasa, mobil ini 20 milimeter lebih rendah, 50 milimeter lebih lebar di bagian bawah untuk menampung ban yang lebih lebar, dan 80 milimeter lebih panjang karena hadirnya diffuser yang lebih menonjol.

Preview

Kesan ini diperkuat oleh velg performa aluminium 21 inci yang dibuat dengan teknik tempa dibungkus ban high-grip 275/35R21 Pirelli P-Zero.

Di bagian depan, Hyundai IONIQ 5 N mengombinasikan bumper depan N-exclusive dengan mesh fungsional, Air curtains, dan Active Air Flaps depan yang mampu meningkatkan aerodinamika.

Preview

Spoiler belakang, diffuser belakang, dan outlet udara menekankan aspek sporty dan meningkatkan aerodinamika.

Di bagian belakang, spoiler N-exclusive, bersama diffuser belakang dan outlet udara dengan aksen oranye. Tampilan keseluruhan terlihat lebih sporty ketimbang IONIQ 5 biasa.

Interiornya juga beda banget nih. Paling kentara di bagian tengah setir ada huruf N-nya gini, sementara di Hyundai IONIQ 5 biasa kan di tengah setir hanya ada titik-titik tanpa logo apapun.

Tak cuma itu, tombol merah di setir yang bikin mobil memiliki tambahan tenaga selama 10 detik. Namanya N Grin Boost atau NGB.

Ketika kita menekan tombol merah berlogo NGB di setir, mobil akan memiliki tambahan tenaga 41 PS menjadi total 650 PS selama 10 detik.

Preview

Saat menekan tombol NGB, mobil seperti menggunakan NOS (Nitrous Oxyde System). Ini tidak ada di Ioniq 5 biasa.

Joknya juga udah bucket seat yang memiliki posisi duduk lebih rendah. Joknya hadir dalam dua desain bermotif piksel Kain dan kulit murni serta Poly Alcantara daur ulang dan kulit murni. Sementara pada IONIQ 5, material jok menggunakan minyak alami biji rami.

2. Kapasitas Baterai lebih besar

Kapasitas baterai hyundai IONIQ 5 N ini lebih besar dibanding IONIQ 5. IONIQ 5 n menggendong baterai lithium-ion berkapasitas 84 kWh. Untuk dipakai harian, IONIQ 5 N bisa menempuh jarak hingga 448 km.

Nah kalau IONIQ 5 biasa, baterainya paling besar 72,6 kWh. Meski begitu, daya jelajahnya paling jauh bisa mencapai 481 km.

3. Performa Lebih Mantap

Hyundai IONIQ 5 N dibekali dua motor listrik di as roda depan dan as roda belakang. Motor listriknya bisa beroperasi hingga 21.000 rpm.

Kehadiran inovasi ini memungkinkan Hyundai IONIQ 5 N menghasilkan output maksimal 609 PS dan torsi 740 Nm.

Preview

Namun, ketika tombol N Grin Boost (NGB) ditekan, ada tambahan 41 PS menjadi 650 PS dengan torsi maksimal 770 Nm selama 10 detik untuk pengalaman berkendara yang lebih menantang.

Hyundai IONIQ 5 N mampu mencapai kecepatan maksimal hingga 260 km/jam. Akselerasi dari 0 ke 100 km/jam dalam 3,5 detik atau 3,4 detik dengan NGB aktif.

Sebagai perbandingan, dari dua tipe IONIQ 5 yang dipasarkan di Indonesia, tenaga terbesarnya 217 PS dan torsi 350 Nm. Akselerasi 0-100 km jam memakan waktu sedikit lebih lama yaitu 7,4 detik.

4. N Active Sound

Ini dia nih fitur yang tidak ada IONIQ 5 biasa. Kalau biasanya mobil listrik senyap tanpa suara, IONIQ 5 N memiliki fitur N Active Sound dan N e-Shift.

Hyundai merekayasa suara mobil di IONIQ 5 N ini dengan speaker khusus yang mengeluarkan suara semacam raungan mesin dan knalpot pada mobil performa tinggi bermesin bakar.

Preview

Ditambah lagi ada shifter yang bisa dimainkan pengendaranya untuk menaikkan dan menurunkan posisi gigi, benar-benar seperti mobil mesin BBM pada umumnya.

N-Sound bukan sekadar suara seperti musik. N Active Sound dibuat agar pengendaranya bisa merasakan feeling mengemudi mobil sport.

Ada tiga opsi suara yang bisa dipilih, salah satunya suara mirip pesawat jet! Kalau suara dinonaktifkan, barulah Ioniq 5 N mirip dengan IONIQ 5.

populerRelated Article