Jiplak Menjiplak Esemka dengan Mobil China, Masalah Buat Lo?

08 September 2019 by
Jiplak Menjiplak Esemka dengan Mobil China, Masalah Buat Lo?

 

Ini mobil Cina Changan Star Truck lho, bukan Esemka Bima (istimewa)

Uzone.id - Sebelum dilahirkan aja udah banyak pandangan miring soal mobil ini. Dan benar aja, ketika resmi diluncurkan, netizen pun langsung panas.

Penampakan Esemka Bima, sebuah pikap yang diduga banyak orang mirip dengan pikap buatan China, Changan Star Truck.

Secara tampang, ya emang mirip sih. Cuma beda di grill-nya doang. Kalau Changan grill-nya dibikin dua buah macam kidney BMW dan ada juga yang bergaris horizontal dengan laburan krom, sedang Esemka dibuat satu aja dan keliatan besar dan gahar.

VIDEO Esemka Diluncurkan, Netizen Saling Serang:

Spesifikasinya gimana? Ya mirip juga sih. Berdasarkan brosur resmi yang dirilis, Esemka Bima memiliki dimensi panjang 4.560 mm, lebar 1.645 mm dan tinggi 1.890 mm. Sementara jarak sumbu rodanya mencapai 2.900 mm.

Mobil ini dilengkapi dengan kargo boks yang memiliki panjang 2.750 mm, lebar 1.600 mm dan tinggi 460 mm.

Sedangkan Changan Star Truck memiliki panjang 4.660 mm, lebar 1.620 mm, dan tinggi 1.890 mm. Jarak sumbu rodanya 2.900 mm.

Inget ya, mirip tapi tetep gak sama secara detail ukurannya.

Terus gimana soal mesin? Sama, mirip juga. Kedunya sama-sama menggunakan unit berkapasitas 1.243 cc E-Power I4 DOHC.

Mesin ini mampu menyemburkan tenaga 96 Hp. Tapi ada perbedaan di urusan torsi, Esemka Bima torsinya lebih besar, yakni 119 Nm, sedangkan pikap Changan torsinya cuma 112 Nm. Mungkin untuk menyesuaikan kondisi jalan.

Esemka sendiri membantah kalau pihaknya sekedar menjiplak atau mengganti emblem dari mobil China.

"Kalau kita ganti emblem, ngapain kita bangun infrastruktur ini (mendirikan pabrik)," ungkap Presiden Direktur PT SMK Eddy Wirajaya.

Eddy juga sempat mengungkapkan, kalau memang beberapa komponen Esemka dibeli dari luar negeri dan dikolaborasikan dengan komponen lokal menjadi satu kesatuan mobil yang utuh.

Sehingga, sebagai permulaan, tingkat kandungan lokal mobilnya gak bakal 100 persen.

Tapi, tudingan demi tudingan terlanjur terlontar, yang ngebuat publik beranggapan Esemka menjiplak mobil Cina atau malah sebaliknya, baru diluncurkan, Esemka sudah dijiplak mobil Cina.

Ya, terlepas dari mana asal-usul mobil ini, jiplak menjiplak antara Esemka dengan Changan ini, emangnya jadi masalah buat lo? Hehe..

VIDEO Ngobrolin arogansi bikers bareng INDRO Warkop:

Apa Reaksi Anda ?

Love
0%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

319 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Rifqi 1426 16 October 2019 | 03:45:39

belum apa apa kok sudah main jiplak saja

archan somchart 10 October 2019 | 09:41:47

iya sih itu mobil hampir mirip dengan mobil yang ada di cina tapi apa yang dibilang ya mau apa aja deh terserah aja kata pemilik pabrik esemka

DimasHardstyle 10 October 2019 | 00:21:29

belum apa apa kok sudah mau ngejiplak aja yaa kacau amat

Agung Mulyawandi 09 October 2019 | 07:30:42

jiplak dikit gapapa lh asal jangan semuanya aja tapi lebih baik kreatif sendiri si

Mas ruri 09 October 2019 | 04:49:13

ini real ya karya anak bangsa sendiri

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top