icon-category Auto

Jajal Suzuki New Carry, Libas Sungai dan Gunung Makasar

  • 01 Jul 2019 WIB
Bagikan :

 

Uzone.id - Kalau kalian mengira nyetirin sebuah pikap itu bukan pekerjaan yang menyenangkan, barangkali kalian salah.

Apalagi kalau yang dicoba adalah sesosok Suzuki New Carry, yang baru aja dilahirkan lagi generasi terbarunya oleh Suzuki Indonesia tahun 2019 ini.

Uzone.id pun diberi kesempatan untuk menjajalnya langsung—gak cuma di jalan raya biasa, tapi diajak bertualang di Makasar, menyebrang sungai mendaki gunung.

Video test drive Suzuki Carry Melibas Sungai dan Gunung di Makasar:

Secara desain, Suzuki Carry berubah dan pastinya bikin pangling kalau gak ada logo S pada bagian tengah wajahnya.

Lebih mengkotak, keliatan lebih besar, jadi ada moncongnya sedikit. Namun desain lampunya masih biasa aja. Lebih sederhana, tapi lebih berkesan mobil pekerjanya.

Masuk ke dalam kabinnya, sekarang bisa menampung tiga penumpang dewasa dengan nyaman.

Itu berkat penempatan tuas transmisi pada dasbor, sehingga menyisakan ruang kaki yang lega buat penumpang yang duduk di tengah.

alt-img

Desain dasbornya juga baru dan cukup kekinian, meski memang material yang digunakan gak bisa diharapkan banyak.

Tempat penyimpanan begitu banyak, mulai dari cup holder di kanan dan kiri untuk pengemudi dan penumpang, laci penyimpanan yang lega, sampai frame untuk audio single din di tengah.

Kursi pengemudinya bisa disliding sedikit, jadi bisa sedikit lebih ergonomis, meski setirnya fix gak bisa diatur posisinya.

Seatbelt pun tersedia untuk ketiga orang di kabin, tiga titik untuk kanan dan kiri dan dua titik untuk penumpang tengah.

Sekarang kita coba jalan. Langsung menyalakan mesinnya, yang asiknya saat semua jendela tertutup, suara mesinnya adem gak kedengeran di kabin.

Jalan beberapa lama dan dalam kondisi macet pun, pantat gak kerasa panas, meski mesin harus kita dudukin.

Injakan koplingnya enteng, memindahkan tuas transmisinya juga gak ada masalah.

alt-img

Dan yang bikin takjub adalah, akselarasinya begitu pedal gas diinjak.

Oiya, Carry terbaru ini sekarang pakai mesin yang sama dengan Ertiga, hanya dibedakan setingannya aja, dan penamaan kode mesin yang dibedakan.

Mesin K15B C berkapasitas 1.500cc 4 silinder, yang untuk Carry ini sanggup menghasilkan daya sebesar 90 Hp dan torsinya 135 Nm.

Dan ternyata, output seperti itu benar-benar memuaskan. Karena akselarasi Carry ini jadi terasa ringan. Udah begitu, meski udah di posisi gigi dua dan tiga, mesin masih bisa diajak berakselarasi.

Sehingga, gak heran kalau tanjakan yang curam bahkan medan offroad pun, asik-asik aja dilibas All New Carry ini.

Ditambah, Suzuki mengklaim kalau sassisnya dibuat lebih rigid, dan memang terasa saat berjalan, sedikit lebih stabil.

Redaman suspensinya—khususnya yang bagian depan yang menggunakan McPherson juga cukup baik, gak kayak naik gerobak.

Meski kita masih tetap harus mentoleransi redaman suspensi belakang yang masih pakai per daun agar kekuatan angkutnya lebih baik. Jadinya, kalau lagi gak diisi muatan, terasa mantul-mantul.

Tapi secara keseluruhan, gue ngerasa pikap Carry ini ada nyamannya, dan gak menderita banget kalau harus disetirin.

Dia udah immobilizer, ada AC, audio, juga power steering yang ngebuat handling dan manuvernya jadi lebih fun to drive.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini