"Bicara soal keuntungan cukup banyak, pertama menghemat aki, kedua bisa menjaga sirkulasi oli di dalam mesin, dan yang terakhir agar pegas dan tuas engkol tidak cepat berkarat," ujar Slamet kepada Otomania, Sabtu (1/4/2017).
Menurut Slamet, keuntungan utama menggunakan starter kaki adalah untuk menjaga sirkulasi oli. Karena saat mesin dingin, oli akan mengendap di bawah mesin, situasi ini membuat komponen di atas kurang terlumasi, seperti bagian piston dan setang seher.
Berita Terkait:
- Jangan Biarkan Starter Engkol Macet
- Kick Starter Skutik yang Kerap Terlupakan
- Alasan Vespa Modern Tidak Gunakan "Kick Starter"
Untuk skutik yang interval pemakaiannya cukup jarang, kondisi ini bisa berbahaya. Dengan kurangnya pelumas bisa membuat dinding silinder mudah lecet atau baret akibat gesekkan.
"Biasanya wanita yang jarang pakai engkol, karena malas harus standar dua. Tapi sebenarnya hal ini wajib dilakukan, minimal dua kali seminggu. Secara tidak langsung juga bikin aki lebih awet, karena penggunaan listrik terbesar itu untuk stater di pagi hari," ucap Slamet.