icon-category Auto

Dolar AS Tembus Rp14 Ribu, Mitsubishi Gelar Rapat Bahas Harga

  • 08 May 2018 WIB
Bagikan :

Rupiah melemah di level Rp14 ribu per dolar AS pada Senin (7/5) sore diprediksi akan berdampak negatif kepada berbagai sektor, termasuk industri otomotif di dalam negeri.

Sebab, anjloknya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS umumnya bakal berdampak pada kenaikan harga komoditas yang membuat nilai suatu produk ikut naik.

Menyikapi kondisi itu, Kepala Pemasaran dan Marketing Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Imam Choeru Cahya mengaku akan segera melakukan rapat internal untuk membahas mengenai pelemahan rupiah.

MMKSI cukup dilema dengan kondisi rupiah saat ini, mengingat MMKSI masih mendatangkan sebagian komponen-komponen untuk Mitsubishi yang dirakit di Indonesia.

Menurut Imam, dalam pertemuan tersebut, pihaknya bakal membahas terkait kemungkinan menaikkan harga jual seluruh mobil penumpang Mitsubishi di Indonesia.

"Tapi betul, kenaikan dolar menjadi salah satu pertimbangan dalam kenaikan harga. Tapi kenaikannya berapa dan kapan, sedang kami godok di internal," kata Imam di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Selasa (8/5).

Dijelaskan Imam, meskipun nilai tukar rupiah terus merosot, namun sampai saat ini belum ada tanda-tanda pihaknya menaikkan harga jual kendaraan Mitsubishi.

Seperti dikatakan Imam harga baru sudah berlaku untuk Xpander per 1 Mei 2018, adapun kenaikan harga sekitar Rp3 juta. Kenaikan harga itu dipastikan bukan disebabkan pergerakan nilai tukar rupiah.

"Jadi kenaikan itu sudah diperhitungkan sebelumnya. Jadi karena subsidi bea balik nama (BBN) sudah dicabut ya. Dolar salah satu pertimbangan, tapi kami punya pertimbangan lain," jelas Imam.

Xpander di tempat main anak-anak

Imam mengaku masih optimis terhadap produk Mitsubishi khususnya di segmen mobil penumpang seperti Xpander dan Pajero Sport. Terlebih jika itu melihat kepada permintaan Xpander yang kini sudah tembus 66 ribu unit.

"Kami ucapkan terima kasih ke masyarakat Indonesia. Ini membuktikan penerimaan Mitsubishi khususnya di passenger car," ucap dia.

Ia pun mengatakan pihaknya telah melakukan serangkaian strategi, salah satunya demi memperkuat citra Mitsubishi sebagai produsen kendaraan penumpang. Salah satunya adalah menjadikan Xpander sebagai sarana edukasi anak-anak di Kidzania, Jakarta.

"Kidzania salah satu strategi juga bagaimana meningkatkan brand image passenger car Mitsubishi di Indonesia. Ini rangkaian buah aktivitas yang kami lakukan bagaimana mengubah mindset," tutur dia.

Hadirnya Xpander pun otomatis menggantikan posisi Outlander Sport yang sebelumnya menjadi unit displai pada area tersebut sejak 2016 silam di tempat yang sama.

Berita Terkait

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini