Home
/
Ramadan

Cuan Saat Ramadan, UMKM Bisa Maksimalkan 3 Fitur WhatsApp Bisnis Ini

Cuan Saat Ramadan, UMKM Bisa Maksimalkan 3 Fitur WhatsApp Bisnis Ini

Vina Insyani12 March 2024
Bagikan :

Uzone.id – Ramadan tidak hanya jadi bulan yang ditunggu-tunggu umat Muslim saja, para UMKM juga menjadikan momen Ramadan sebagai peluang untuk memaksimalkan bisnis mereka.

WhatsApp jadi salah satu ‘alat penting’ bagi UMKM untuk kegiatan bisnis mereka, khususnya untuk terhubung dengan pelanggan mereka. Baru-baru ini, WhatsApp Indonesia membagikan survei online yang dilakukan oleh Kantar pada tahun 2023, dimana hampir 87 persen warga Indonesia menggunakan WhatsApp sebagai salah satu cara untuk berkomunikasi dengan sebuah bisnis.

Nah, mendekati bulan Ramadan yang akan dimulai para Selasa, (12/03), ada beberapa fitur WhatsApp Bisnis yang bisa dimanfaatkan oleh pelaku usaha untuk mengembangkan bisnisnya.

Beberapa UMKM Indonesia membagikan pengalaman mereka dalam menggunakan fitur WhatsApp Business untuk memaksimalkan usaha serta membawa UMKM ke pasar global melalui WhatsApp.

Fitur Iklan

Usaha kuliner Herbor.ID yang didirikan oleh Upit Pitrianingsih berhasil menjangkau pelanggan secara luas menggunakan WhatsApp. Herbor.ID yang berfokus pada produk buah lokal yang dikeringkan dan campuran buah untuk menghasilkan infused water ini mengandalkan WhatsApp untuk menjaga keteraturan bisnis dan mencari pelanggan baru.

Salah satu yang membawa UMKM-nya berkembang ke luar Indonesia adalah dengan menggunakan iklan yang mengarahkan ke WhatsApp bisnis mereka.

“Herbor.ID juga menggunakan iklan yang mengarahkan ke WhatsApp untuk menjangkau pelanggan di Singapura dan membuka jalan bagi UMKM Indonesia merambah pasar internasional menggunakan WhatsApp,” kata Upit.

Untuk menggunakan fitur ini, kalian bisa membuat iklan Facebook dan Instagram yang mengarahkan ke obrolan WhatsApp. Kalian bisa menyesuaikan foto, anggaran dan durasi iklan, bahkan bisa memilih target audience untuk iklan ini. Kalian bisa mencari tahu soal iklan di WhatsApp Bisnis lewat link ini.

Fitur Katalog, Profil dan Balas Cepat

Selain itu, fitur lainnya yang digunakan adalah fitur Profil, Katalog dan Balas Cepat. 

"Kami menggunakan fitur Profil, Katalog, dan Balas Cepat di Aplikasi WhatsApp Business untuk menjalin komunikasi yang efektif dengan pelanggan," tambah Upit, dikutip dalam keterangan yang diterima Uzone.id.

Fitur Katalog memungkinkan bisnis untuk mengkategorikan produk dalam aplikasi sesuai dengan jenis produk pengguna. Selain itu, fitur Profil memaksimalkan fitur menjadi salah satu cara utama untuk mendapatkan calon pelanggan dan menunjukkan bahwa bisnis kalian dapat dipercaya.

Fitur Balas Cepat juga perlu dimaksimalkan untuk menunjukkan kalau bisnis kalian cepat tanggap. Kalian bisa membuat pintasan pesan mencakup pesan foto dan video.

“Kami menyukai fitur Balas Cepat karena memungkinkan kami untuk langsung menjawab pertanyaan yang sering muncul,” jelas Nurbaiti Rakhmat, salah satu pelaku usaha sportswear bernama Medina Sportswear.

Fitur Pesan Siaran

Peran WhatsApp memang penting bagi pelaku bisnis saat ini, apalagi warga Indonesia kini menggunakan aplikasi perpesanan tersebut untuk kegiatan komunikasi sehari-hari.

Menurut pemilik usaha lokal Imago Raw Honey, yaitu Henry dan Shinta Aviyani, aplikasi WhatsApp Business berperan penting dalam membantu menjalin hubungan yang lebih dekat dengan pelanggan.

Salah satu fitur yang bisa dimanfaatkan untuk menjalin hubungan baik dengan pelanggan serta mengembangkan bisnis adalah dengan menggunakan fitur Pesan Siaran.

Fitur ini bisa digunakan untuk mengirim pesan ke beberapa kontak Anda secara bersamaan tanpa menghabiskan banyak waktu untuk mengirim pesan satu per satu.

Kalian bisa memanfaatkan fitur ini dengan membagikan produk terbaru atau berbagi cerita selama Ramadan. 

“Imago memanfaatkan fitur pesan siaran untuk berbagi tips dan resep kesehatan selama Bulan Suci Ramadan, sekaligus berbagi  kabar terbaru mengenai bisnis,” kata Imago Raw Honey.

populerRelated Article