×
{{ results.post_category | category_uzone}}

{{ results.post_title }}

{{ results.post_date_stamp }} By
Republika


Memiliki sebuah kendaraan roda empat atau mobil tentunya menjadi suatu kebanggaan tersendiri. Pasalnya, mobil saat ini sudah seperti rumah kedua bagi sebagian orang yang memang sangat terbantu aktivitasnya dengan adanya kendaraan tersebut. Layaknya mesin-mesin di sebuah pabrik, atau komputer di area perkantoran, mobil juga harus sering dirawat agar performanya tetap maksimal saat harus digunakan setiap harinya.

Merawat mobil tentu memerlukan dana tersendiri. Saat ini di beberapa kota besar, tersedia tempat khusus untuk membersihkan dan merawat mobil kesayangan. Sayangnya, biaya yang diperlukan untuk hal tersebut ternyata tidak murah, sehingga kita harus memiliki anggaran khusus untuk melakukan perawatan secara berkala.

Berikut ini empat cara yang bisa dilakukan untuk tetap dapat menghemat biaya perawatan mobil.

Jangan Menggunakan Suku Cadang Palsu

Biasanya harga suku cadang yang palsu ini lebih murah dari suku cadangĀ  yang asli. Namun, kebiasaan seperti itu kurang baik untuk mobil. Selain cepat mengalami kerusakan karena bukan orisinalĀ  tentunya saat mengalami kerusakan yang fatal, biaya yang harus dikeluarkan akan lebih besar lagi. Selalu gunakan suku cadang asli, jangan tergiur dengan harga yang lebih rendah namun kualitas rendah.

Selalu Cek Kekuatan Ban Mobil Anda

Salah satu penyebab kecelakaan yang sering terjadi di sekitar kita adalah ban mobil yang rusak dan pecah, saat mobil sedang melaju. Hal tersebut sangat berbahaya dan tentunya perlu kita hindari. Selalu lakukan pengecekan kondisi ban mobil. Periksa, apakah anginnya sudah pas atau bahkan kurang. Saat ini sudah ada teknologi nitrogen yang dapat digunakan untuk mengisi angin. jenis Nitrogen ini kabarnya jauh lebih dingin sehingga tidak usah terlalu sering mengganti ban.

Rutin Melakukan Servis
Usahakan untuk memiliki waktu dengan melakukan servis kendaraan. Dengan servis, kita dapat mengetahui kerusakan apa saja yang mungkin terjadi. Servis rutin yang biasanya dilakukan adalah pengecekan komponen penting seperti rem, busi, pendingin mesin, AC, power steering dan lain sebagainya. Jangan pernah menunda untuk melakukan servis rutin mobil.

Jangan Lupa Ganti Oli
Tidak hanya komponen penting dalam mobil kita yang harus dicek secara rutin, kendaraan juga memerlukan oli untuk kinerja yang lebih baik. Oli adalah pelumas mesin yang juga berperan dalam perawatan. Oli juga berfungsi sebagai pendingin, pelindung suku cadang dari karat dan menutup celah terdapat pada dinding mesin. Lakukan penggantian oli setidaknya setiap menempuh 5.000 atau 10.000 kilometer. Gunakan jenis oli terbaik yang cocok dengan kendaraan.

Lakukan Perawatan Secara Rutin

Untuk Anda yang memiliki aktivitas cukup padat di setiap harinya dan sering menggunakan kendaraan mobil, jangan lupa untuk melakukan perawatan secara rutin, setidaknya 2 kali satu bulan. Biaya yang dikeluarkan untuk melakukan perawatan setidaknya lebih minimal, dibandingkan setelah mobil mengalami kerusakan yang fatal karena tidak pernah dirawat sama sekali.

Artikel ini merupakan kerjasama antara Republika.co.id dengan Cermati.com, portal pembanding produk keuangan Indonesia

BERITA TERKAIT




12 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
ABD Rahman 29 June 2019 | 10:31:17

wah kayaknya itu cocok kalau buat yang suka irit

Tyo Polo 11 June 2019 | 20:12:08

bisa menghemat walau tak seberapa

MANTANKU MENIKAH LAGI 11 June 2019 | 18:24:58

perawatan mobil sangat dibutuhkan para pemilik

woy ngopi 11 June 2019 | 16:18:42

lumayan jadi irit nih kalo dengan cara seperti ini mah

vhi 11 May 2019 | 18:51:37

lumayan ekonomis kalau bisa menghemat

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article