Home
/
Automotive

Belah Jeroan Yamaha NMax Terbaru, Mesin dan Rangka Berubah!

Belah Jeroan Yamaha NMax Terbaru, Mesin dan Rangka Berubah!
Bagja Pratama14 February 2020
Bagikan :

Uzone.id - Yamaha NMax terbaru gak sekedar ngerubah casing dan menambahkan fitur, tapi ternyata setelah dibelah, jeroannya sedikit berbeda dengan generasi sebelumnya, utamanya soal rangka dan mesin.

Kita bahas mesinnya dulu. Kapasitasnya masih sama, 155cc dengan teknologi VVA. Namun, Yamaha mencangkok piston Yamaha R15 dengan permukaan atas yang lebih rata.

Preview

Kemudian klep-nya juga direvisi jadi lebih besar menggunakan ukuran 20,55 mm yang awalnya 19,9 mm. Kompresi pun meningkat dari awal 10,5:1 menjadi 11,6:1, sehingga lebih responsif tapi sudah wajib minimal Pertamax.

Baca juga: Intip Fitur Canggih Honda Civic Hatchback RS, Harga Nyaris Setengah Miliar

Biar makin responsif ukuran intake air atau box filter juga dibuat lebih besar menjadi 4,3 liter, yang dulunya punya ukuran 3,7 liter.

Hasilnya, Yamaha NMax mengalami peningkatan tenaga hingga 0,3 hp menjadi 15,4 hp di 8.000 rpm, namun anehnya torsi menurun dari 14,4 Nm ke 13,9 Nm di putaran 6.500 rpm

Nah, setingan baru dari mesin tersebut, tentu harus diimbangi dengan rangkanya yang juga mumpuni meladeni karakter mesin tersebut agar tetap stabil ketika dikendarai.

"Rangkanya sekarang pakai yang benar-benar baru, tidak sama dengan NMax lama atau Aerox. Manuvernya jadi lebih stabil, lincah dan ringan," ujar Service Education PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Ridwan Arifin.

Rangka yang didesain ulang tersebut untuk meningkatkan karakter suspensi belakang dan depan, serta membuat handling dari NMax 2020 bisa makin rigid.

Video Mitsubishi Outlander PHEV, SUV Listrik yang Bisa Diajak Kemana Aja:

populerRelated Article