Bedah Spek Mesin Honda PCX 160, Kini Lebih Kencang dari Yamaha Nmax!
-
Foto: Honda Jepang
Uzone.id - Honda berbenah, dan akhirnya menghadirkan sebuah Honda PCX yang secara spesifikasi mesin berubah drastis. Bahkan, akhirnya bisa lebih bertenaga ketimbang musuh bebuyutannya, Yamaha NMax.Nah, mari kita bedah, apa saja yang dilakukan Honda untuk membuat mesin Honda PCX terbaru itu jadi lebih nendang.
BACA JUGA: Begini Cara Berkunjung ke IIMS Motobike Show 2020
Pertama pastinya menaikkan kapasitas silindernya, tadinya 149cc sekarang jadi 156cc atau dibulatkan jadi 160cc.
Kemudian, diameter throttle body dan juga filter udaranya diperbesar menyesuaikan kapasitas mesin, juga desaian crankshaft juga model baru untuk mengurangi getaran dan suara mesin jadi lebih halus.
Dari keterangannya, Honda mengklaim kinerja mesin ini sangat halus di setiap putaran mesin. Ditambah, sudah mengusung ACG Starter yang membuat proses menghidupkan mesin menjadi sangat halus.
Selain itu, mesin eSP+ ini juga sekarang sudah mengusung DOHC (Double Over Head Camshaft), dengan Hydraulic Cam Chain Tensioner, yakni tensioner rantai ketengnya gak pakai per tapi tekanan oli mesin.
Mesin ini pun jadi berkarakter overbore, dengan lingkar piston 60 mm dan langkah piston 55,5 mm dan rasio kompresinya mencapai 12 : 1. Kalau di Indonesia, sudah wajib Pertamax ke atas nih BBM-nya.
Jadi gak heran kalau mesin barunya ini mampu menghasilkan tenaga sampai 16 HP pada 8.500 rpm, dengan torsi maksimal 15 Nm pada 6.500 rpm.
Naik cukup signifikan dibandingkan PCX 150 yang punya tenaga 14,4 Hp dan torsi 13,2 Nm saja. Sehingga sah, lebih bertenaga dari Yamaha NMax!
Meski sayangnya, Honda belum menyematkan teknologi variabel katup khas Honda, yakni V-Tec seperti yang digosipkan. Sementara Yamaha N-Max, sudah mengusung VVA.
Spesifikasi Honda PCX 160
Dimensi
P x L x T : 1.935 x 740 x 1.105 mm
Sumbu Roda : 1.315 mm
Jarak Terendah : 135 mm
Tinggi Jok : 764 mm
Berat : 132 mm
Mesin
Tipe : eSP+, 1 silinder, 4 katup, PGM-FI
Diameter x Langkah : 60 x 55,5 mm
Kapasitas Mesin : 156 cc
Tenaga Maksimal : 16 Hp @ 8/500 rpm
Torsi Maksimal : 15 Nm @ 6.500 rpm
VIDEO Test Drive DFSK Glory i-Auto: