Home
/
Digilife

Bantu Pelaku Usaha, Dana Hadirkan Fitur User Rating Review

Bantu Pelaku Usaha, Dana Hadirkan Fitur User Rating Review
Birgitta Ajeng26 September 2020
Bagikan :

(Foto: Dok. Dana)

Uzone.id - Dompet Digital Indonesia Dana baru saja menghadirkan fitur User Rating Review. Pengembangan fitur baru ini bertujuan untuk membantu pelaku usaha meningkatkan kualitas produk dan pelayanannya.

Vince Iswara, CEO dan Co-Founder Dana mengatakan bahwa User Rating Review merupakan fitur berbasis user generated content (UGC) yang artinya seluruh konten baik teks maupun gambar dibuat oleh pengguna.

Dengan fitur ini, pengguna Dana bisa memberikan penilaian (rating), ulasan (review) maupun mengunggah foto-foto dari pengalamannya berbelanja di merchant-merchant mitra Dana, khususnya merchant offline.

“Sejumlah studi telah menunjukkan bahwa adanya aplikasi maupun fitur berbasis UGC dapat meningkatkan penjualan serta menjadi sarana promosi yang hemat biaya dan efisien. Kami berharap, fitur User Rating Review efektif dalam membantu merchant-merchant Dana meningkatkan penjulaan serta kepuasan pelanggannnya,” kata Vince.

Baca juga: Jenius Sediakan Isi Saldo BNI TapCash, Syaratnya Ada NFC

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa faktor utama yang menyebabkan aplikasi UGC merupakan alat promosi yang efisien adalah sifatnya yang autentik.

Penilaian, ulasan, maupun testimoni dari pengguna dipercaya sebagai opini yang lebih jujur dibandingkan konten yang disuguhkan oleh perusahaan maupun pemilik brand.

“Konten UGC seperti ulasan maupun testimoni dari pengguna, baik itu positif maupun negatif, memiliki kekuatan yang lebih dalam memengaruhi keputusan orang untuk berbelanja ketimbang iklan maupun promosi yang dibuat oleh perusahaan. Bahkan, ulasan yang bersifat kritik pun dapat menjadi masukan yang berguna bagi pelaku usaha,” kata Vince.

Fitur User Rating Review juga bertujuan untuk meningkatkan keterikatan (engagement) antara merchant dengan pengguna Dana sebagai pelanggannya.

Fitur ini diharapkan dapat membuat pengguna Dana merasa lebih terlibat karena dapat memberikan penilaian, masukan dan ulasan maupun membagikan pengalaman dan dukungannya terhadap merchant.

Baca juga: Warga Jakarta Bisa Bayar PBB Via GoPay, Ini Caranya

Pengguna Dana dapat mengakses fitur User Rating Review usai melakukan transaksi di merchant offline. Selepas 15-20 menit menyelesaikan transaksi, pengguna akan mendapatkan notifikasi untuk mengisi formulir ulasan.

Fitur ini juga dapat digunakan apabila pengguna kembali menggunakan aplikasi Dana. Caranya, pengguna cukup masuk ke dalam halaman utama, lalu menuju fitur Nearby, dan menyentuh Detail Page untuk mengisi ulasan.

Jika formulir ulasan dalam Homepage dihilangkan, pengguna tetap bisa mengakses fitur ini sewaktu-waktu lewat fitur Nearby dan Detail Page.

Pengguna dapat memberikan peringkat dan ulasannya maksimal tujuh hari setelah transaksi. Lewat dari waktu tersebut, pengguna harus melakukan transaksi terlebih dulu untuk memanfaatkan fitur ini.

Adapun beberapa hal yang bisa dilakukan pengguna dengan fitur ini yaitu memberi penilaian bintang 1-5, menambahkan tagar positif, negatif dan kategori lain yang tersedia, menulis ulasan, mengunggah foto, serta membagikan ulasan maupun pengalamannya di Feed.

populerRelated Article