Apple Potong Karyawan Proyek Mobil Otonom Mereka

25 January 2019 by
Apple Potong Karyawan Proyek Mobil Otonom Mereka

Apple memotong lebih dari 200 karyawan Proyek Titan pekan ini, seperti disebutkan sumber yang dekat dengan isu ini kepada CNBC. Proyek Titan adalah proyek untuk grup mobil otonom Apple.

Masih belum jelas apakah tim yang dibubarkan ini dipecat atau dipindahkan ke tim berbeda. Namun, disebutkan sebagian pekerja lain yang terdampak restrukturisasi proyek Titan tetap di Apple namun bekerja di divisi berbeda.

Meski demikian, juru bicara Apple yang mengetahui pemecatan ini menyebut kalau perusahaan tersebut masih melihat adanya kesempatan dalam pengembangan mobil otonom.  

"Di Apple, kami memiliki tim yang sangat berbakat yang mengembangkan teknologi sistem otomasi dan teknologi terkait. Selagi tim tersebut fokus mengerjakan beberapa area kunci untuk 2019, beberapa grup dipindahkan ke proyek lain di perusahaan. Mereka akan menyokong pembelajaran mesin (machine learning) dan inisiatif lainnya," terang juru bicara Apple.

"Kami percaya ada kesempatan besar dengan sistem otomasi dimana Apple memiliki kemampuan unik untuk ikut berkontribusi dan ini adalah proyek pembelajaran mesin terambisius yang pernah ada," tambahnya.

Pada Agustus 2018, Apple merekrut wakil presiden keinsinyuran Tesla dan veteran Apple, Doug Field, untuk memimpin tim Titan bersama Bob Mansfield. Pembubaran grup itu sepertinya hasil dari inisiatif restrukturisasi yang dilakukan oleh pimpinan anyar itu.

Belum lama ini CEO Apple, Tim Cook menyebut kalau inisiatif Apple di bidang kesehatan akan menjadi pendorong perusahaan ke depannya. "Apa yang akan menjadi ko tribusi terbesar Apple bagi umat manusia? Itu adalah kesehatan," jelas Cook dalam wawancara dengan CNBC.

Sementara itu, beberapa bulan belakangan eksekutif Apple tetap bungkam soal prospek mobil otonom perusahaan itu. Rumor soal ketertarikan Apple untuk membangun mobil otonomnya sendiri dari hulu ke hilir pertama kali berhembus pada 2015.

Bahkan sempat disebutkan kalau perusahaan itu akan membangun pabrik otomotif mereka sendiri di AS. Meski akhirnya menyadari hal itu terlalu berat untuk diwujudkan dari perkiraan awal.

Lantas muncul rumor soal Apple Car dan dijalankan di fasilitas rahasia di Sunnyvale, California. Tim ini beranggotakan seribu orang dengan spesialis otomotif di bidang hardware dan software.

Pada Juli 2018, Apple sempat menguji prototipe teknologi mobil otonom mereka pada 66 kendaraan. Salah satunya adalah SUV Lexus yang dilengkapi dengan sensor, GPSs, dan kamera, seperti dilaporkan Apple Insider. Belakangan beredar kabar kalau Apple akan kembali berfokus hanya pada pengembangan software mobil otonom.

Pada 2016, Apple sempat memecat karyawan dari grup yang sama dalam rangka mengubah strategi. Mobil otonom penuh masih menjadi percobaan di perusahaan itu. Sementara pesaing seperti Waymo, Cruise, dan Tesla sudah menggarap segmen ini dengan serius.

Pemodal ventura dan investor strategis lain dari dunia otomotif tradisional di dunia telah menuang miliaran dolar kepada startup yang mengembangkan mobil otonom seperti Zoox, Pony.AI, Aurora, May Mobility, Embark dan lainnya.

Berita Terkait

Apa Reaksi Anda ?

Love
70%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
20%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
10%

Marah

3954 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Miskin aman 15 October 2019 | 04:04:02

proyek apa lagi nih yang akan di keluarkan apple yah

DimasHardstyle 11 October 2019 | 01:35:04

tak puas dengan gadget apple membuat juga mobilnya

Charlot Katakuri 06 October 2019 | 16:39:44

tak puas dengan gadget apple membuat juga mobil otonom

DIMAS WIJAYA BOBOTOH VIBRE 10 July 2019 | 11:40:52

pemotongan kariawan oleh pihak aplle

gwkotib 29 June 2019 | 18:16:41

pemotongan jumlah karyawan oleh pihak apple

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top