Antisipasi Rem Blong, Cegah Overheat Pada Rem Cakram Motor
Uzone.id - Rem blong, biasanya terjadi pada motor matik, jadi satu momok yang mengerikan. Kadang kita abai mengantisipasi salah satu penyebabnya, yakni cakram terlalu panas, alias overheat.
Ada beberapa sistem/mekanisme sistem pengereman, salah satu yang populer adalah rem cakram.Menggunakan prinsip gesekan, sistem ini berfungsi untuk menghentikan laju atau mengurangi kecepatan sepeda motor.
BACA JUGA: Citroen Is Back! Bawa Citroen C3 ke Indonesia Bulan Depan
Karena menggunakan prinsip gesekan, gesekan bisa menyebabkan panas. Apalagi jika kerja rem berat, seperti di jalanan turun, digunakan untuk kecepatan tinggi, bisa menyebabkan overheat pada cakram.
Panas inilah yang dapat mempengaruhi kinerja rem. Maka dari itu komponen pengereman harus dalam keadaan prima dan dirawat secara berkala.
“Jika terjadi overheat, jangan menyiram cakram dengan air karena dapat menyebabkan perubahan bentuk pada cakram,” ungkap Johannes B.M.S, Chief Yamaha DDS 3 dalam siaran pers yang diterima Uzone.id
Berikut beberapa tips untuk menghindari overheat pada rem cakram:
1. Penggunaan oli rem
- Gunakan minyak rem DOT 3 untuk tipe Non ABS, dan DOT 4 untuk tipe ABS.
- Ganti minyak rem setiap 2 tahun/24,000 km.
- Cek kebocoran minyak rem, jika ada kebocoran segera diperbaiki.
2. Perawatan master & caliper
Pada master & caliper ada komponen seal sebagai perapat dan pengganti pegas. Seal ini dapat menjadi keras yang dapat mengganggu kerja piston pada caliper.
Kalau sudah mengeras, dapat menyebabkan cakram menjadi berat sehingga menimbulkan gesekan dan menjadi panas pada cakram.
Karenanya, ganti seal bersamaan dengan penggantian minyak rem.
3.Penggantian kampas rem
Kampas rem yang habis/aus dapat menyebabkan gesekan berlebih dan menimbulkan panas yang dapat menimbulkan overheat pada cakram.
VIDEO 10 Mobil Terlaris Agustus 2022: