5 Akibat Buruk Ngebiarin Mobil Kotor Sehabis Ujan-ujanan

04 March 2019 by
5 Akibat Buruk Ngebiarin Mobil Kotor Sehabis Ujan-ujanan

Uzone.id - Malas nyuci mobil sah-sah aja kok. Tapi kalau lagi musim hujan kayak sekarang, baiknya jangan malas-malas nyuci mobil deh, apalagi kalau habis dipakai ujan-ujanan.

Karena kemalasan itu bisa ngebuat akibat negatif alias banyak mudaratnya buat mobil kalian. Paling sering tentu berkarat dan berjamur. Bisa keropos dan kusam. Makin males kan jadinya?

Setidaknya ada 5 akibat yang bisa kejadian di mobil kalian kalau malas nyuci sehabis ujan-ujanan:

Tonton video tes konsumsi BBM Honda Mobilio Keliling Jakarta

 

Muncul jamur dan flek di kaca dan bodi

Air hujan itu kandungan asamnya tinggi, kalau dibiarkan mengering di kaca dan bodi mobil, ya wasalam. Karena biasanya untuk menghilangkan bekas nodanya itu susahnya setengah mati. Kalaupun bisa, cat bisa sampai terkikis.

Karenanya, segera bilas mobil dengan air bersih setelah main ujan-ujanan.

 

Berkarat

Selain ada noda dan flek, siraman air hujan yang zat asamnya tinggi itu bahkan bisa ngebuat besi-besi di mobil kalian kalah dan muncul karat. 

Pastinya kesel dan mengerikan kalau mobil banyak dipenuhi karat, karena kekuatan dari besi itu sendiri tentu akan berkurang, karena keropos.

 

Cat jadi belang warnanya

Air hujan dan kotoran yang larut bersama, sangat-sangat berbahaya untuk cat mobil. Karena bisa ngebuat cat mobil jadi belang. 

Apalagi kalau mobil kalian warnanya putih atau warna cerah lainnya, dijamin kalau sering ngebiarin air hujan dan kotoran mengering di bodi mobil, niscaya ketika habis dibersihkan catnya bisa berbeda dengan bagian lain—alias belang.

 

Kerak pada kolong mobil

Bagian kolong mobil emang kerap terlupakan, karena kalian berpikir, jarang ada orang yang ngeliat mobil sampai ke kolong-kolongnya kan.

Tapi justru, karena jarang dilihat dan gak terlihat itulah, potensi negatif lebih sering muncul. Kerak membandel bakal menghinggapi bagian-bagian kolong mobil, yang sulit banget dibersihkan.

 

Suspensi bocor

Nah, ini juga perlu diperhatikan. Cermati kondisi sokbreker, terutama bagian seal yang menahan oli gak bocor dari tabung sokbreker.

Sialnya, jangankan kotoran, debu aja bisa berpotensi ngerusak seal-seal pada sokbreker, karena kerjanya naik turun terus, dan ketika permukaan selongsong sokbrekernya kotor atau berdebu, lama-lama bisa melukai seal di sokbreker.

Tonton video komparasi Honda Brio vs Suzuki Ignis:

Apa Reaksi Anda ?

Love
0%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

409 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Raulian Ian 21 July 2019 | 22:34:14

kalo di biarin kotor mending cuci

Alam Nurdin 17 July 2019 | 00:45:29

ya pasti lebih dari 5 kalo akibat biarin mobil

Toyiba Oyib 29 June 2019 | 17:07:42

wajib di cuci lagi, karena kalo di biarkan bisa berkarat dll

Zack Ardiansah 29 June 2019 | 16:15:47

ya itu memang kewajiban kita lah

ABD Rahman 29 June 2019 | 10:25:04

memang kalau kena hujan harus di cuci kagi

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top